-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Para Politisi DPRD se Frekuensi Berkumpul, Galang Kekuatan KIB

INILAMPUNG
Sabtu, 02 Juli 2022

Sesi foto bersama dilakukan usai rapat dan silaturahmi tiga fraksi: Golkar, PAN, dan PPP DPRD Lampung, disebuah rumah kawasan Enggal, Bandar Lampung, Sabtu 2Juli 2022. (iwan/inilampung.com)


INILAMPUNGCOM -- Puluhan elit DPRD dari tiga partai politik berkumpul disebuah rumah mewah di bilangan, Enggal, Bandar Lampung, Sabtu 2 Juli 2022.

Mereka adalah para anggota DPRD Provinsi Lampung dari tiga fraksi, yakni Golkar, PAN, dan PPP.  Mereka bersepakat menyatukan visi, menggalang kekuatan melalui KIB.

Sepintas mereka hanya ngerumpi, ngopi sambil makan siang. Tetapi, dalam rapat tertutup -- setelah makan -- ternyata membahas agenda besar perjuangan pada Pemilu 2024.

"Ini adalah forum silaturahmi para temen-temen satu frekuensi di DPRD,  untuk sukseskan agenda KIB," kata H. Ismet Roni, kepada inilampung.com, usai rapat.

Disebut satu frekuensi,  karena yang hadir di forum itu merupakan mereka yang telah bersepakat untuk setia pada konsensus nasional. Yakni, mengamankan komitmen bersama yang telah dibangun lewat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Supriyanto (PPP), Supriyadi Hamzah (Golkar), dan Surajaya (PAN) saling berangkulan.

Menurut Ismet Roni yang merupakan Sekretatis DPD Golkar Lampung itu, ketiga kekuatan partai: Golkar, PAN, dan PPP selama ini telah menyatakan bulat untuk ber koalisasi pada Pemilu 2024.

Meski demikian,  saat ini belum ada pembahasan dan rekomendasi khusus dari pertemuan tersebut. "Kita menunggu instruksi lebih lanjut dari pimpinan partai,” kata Supriyadi Hamzah, ketua fraksi Golkar DPRD Lampung.
Pertemuan berlangsung hangat. Semua anggota fraksi tiga partai wajib hadir tanpa berwakil.

Diawali dengan acara sholat lohor berjamaah, lalu jamuan makan siang bersama, dengan menu ikan bakar, nasi, lengkap sambal nyeruit khas Lampung.

Dalam diskusi mereka, sepakat akan disusun jadwal, dan langkah strategis kedepan sambil menunggu petujuk para ketua umum partai mereka masing-masing.

Ismet Roni menyatakan, KIB harus ditindaklanjuti sampai daerah. Kedepan pertemuan terus dibangun dengan program kongkrit.

Para ketua umum DPP,  Airlangga Hartarto (Golkar), Zulkifli Hasan (PAN), dan Suharso Manoarfa (PPP), resmi menandatangani kerja sama melalui KIB  di Jakarta 9 Juni 2022 lalu.

Dengan penandatangan itu, ketiga partai ibarat mengucap ijab qobul untuk bersama menyongsong Pemilu 2024.

Koalisi KIB menjadi poros alternatif, supaya tidak terlibat dua pasang calon saja. 

Ketua Fraksi PAN DPRD Lampung, Surajaya mengatakan PAN merupakan partai nasionalis dan religius. Karena itu, kata dia, kekuatan politik di Indonesia ada dua yakni riligius dan nasionalis.

"Untuk mencapai kesejahteraan rakyat, tentu melalui politik kekuasaan, caranya menang dulu di Pemilu," imbuh Joko Santoso, politisi PAN Lampung yang rekan Surajaya.

Ketua PPP Lampung, Supriyanto menyebut mereka yang tergabung KIB sebagai sahabat lama berkolaborasi lagi, perumpanan ini menunjukkan hubungan yang sudah terbangun lama antara ketiga partai tersebut. (*IL2/inilampung)


LIPSUS