-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Raker PAN Ajukan 5 Nama Capres; Zulhas, Airlangga, Erick, Anies, dan Ganjar

INILAMPUNG
Sabtu, 30 Juli 2022

Tiga pimpinan partai, PAN, Golkar, dan PPP memencet sirine tanda mereka memulai membangun koalisi dalam KIB.

INILAMPUNGCOMRakerwil II Partai Amanat Nasional [PAN] Lampung mengeluarkan rekomendasi 5 nama calon Presiden pada 2024..

Kelima nama, adalah Zulkifli Hasan, Airlangga Hartarto, Erick Tohir, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Ketua Bappilu DPW PAN Lampung, Joko Santoso menjelaskan, pleno sudah menetapkan lima nama calon presiden 2024.

Kelimanya merupakan representasi pilihan para pengurus dan kader PAN Lampung.

"Sudah ada putusan kongkrit soal usulan Capres pada Pemilu 2024.  Seluruhnya ada lima nama," kata Joko Santoso ditemui diarena Rakerwil II, di hotel Emersia, Bandar Lampung, 30 Juli 2022.

Ketua DPP PAN Tutur Sutikno, Ketua PAN Lampung Irham Lan Putra, sekretaris Golkar Ismet Roni, dan ketua PPP Supriyanto hadir dalam deklarasi KIB Lampung (IL2/inilampung).

Plenonya lengkap, dihadiri unsur pengurus DPW, para ketua DPD dari 15 kabupaten, kotamadya se-Lampung.

Joko Santoso yang merupakan anggota Komisi IV DPRD Provinsi Lampung itu, menyebut perdebatan Capres cukup dinamis. Seluruh nama yang muncul diarena Rakerwil merupakan bentuk aspirasi para kader yang mengingkan pemilu berjalan dengan baik.

Langkah berikutnya, usul rekomendasi dibawa ke forum yang lebih tinggi (Rakernas), pada akhir Agustus 2022.

Joko Santoso (inilampungcom)

Masing-masing nama telah menjadi kajian mendalam, sebelum menjadi keputusan pleno. "Kami, internal PAN sudah bersepakat untuk lima nama yang nanti diajukan ke DPP PAN," kata Joko.


Mereka, masih kata Joko Santoso, Zulkifli Hasan (Ketua Umum DPP PAN),  Ketua Golkar Airlangga Hartarto, Eriek Tohir (Menteri BUMN), dan Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng), dan Anies Baswedan (Gubernur DKI). 


Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPP PAN H. Tutur Sutikno menyatakan, partainya kini sedang melakukan penjaringan secara internal nama-nama calon presiden.

Ditingkat daerah, caranya dilakukan lewat Rakerwil. Rekomendasi dari masing-masing provinsi itu, nanti dibahas ditingkat pusat melalui Rakernas.

"Semua daerah diminta usulan, dan finalnya nanti akan ada forum Rapimnas," kata Tutur Sutikno.

Rakerwil II PAN berlangsung meriah. Diawali dengan  deklarasi KIB (Koalisi Indonesia Bersatu), berupa pembacaan kesepakatan koalisi tiga partai, PAN, Golkar, dan PPP.

Hadir dalam deklarasi, Ismet Roni, Sekretaris DPD Golkar Lampung, didampingi para wakil ketua;  I Made Bagiasa, Azwar Yacub, dan Ali Imron.

Sedang dari PPP, Supriyanto, Ketua DPW PPP Lampung dan sejumlah pengurus lain.

Seperti halnya, instruksi dari masing-masing pengurus pusat, para pimpinan tiga partai sepekat menyosialisasikan, kerjasama untuk mengamankan kerja politik menyongsong Pemilu 2024.

Ketua DPW PAN Lampung, Irham Jafar Lan Putra mengatakan Rakerwil II PAN Lampung membahas dan mempersiapkan PAN untuk menghadapi Pemilihan Umum di tahun 2024.


"Selain persiapan pemilu untuk PAN. Para pengurus KIB yang terdiri dari tiga parpol juga akan membahas program kerja KIB untuk di Provinsi Lampung," kata Irham Jafar.  (baim/inilampung*)


LIPSUS