-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Golkar, PPP, dan PAN Kompak Daftar Bareng Sebagai Peserta Pemilu 2024 di KPU

INILAMPUNG
Senin, 01 Agustus 2022

H. Lodewijk F. Paulus (inilampung)


INILAMPUNGCOM - Sikap kompak tiga partai yang tergabung dalam KIB (Koalisi Indonesia Bersatu)-- Golkar, PAN, dan PPP -- terus dilakukan.  

Salah satunya, mereka berencana untuk hadir bareng saat mendafatar sebagai peserta Pemilu 2024 ke kantor KPU RI, pada 10 Agustus 2022 mendatang.

Pendaftaran bareng ketiganya itu untuk menunjukkan kekompakan sesama partai dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).  "Insyaallah kita akan laksanakan dengan bertiga kami PAN, PPP, dan Golkar akan laksanakan pada tanggal 10 nanti pukul 10.00, kita akan bergerak sama-sama," kata Sekjen Partai Golkar H. Lodewijk Freidrich Paulus, kepada wartawan, Senin (1/8/2022).

"Jadi kelihatan daftar Pemilu aja kita udah kompak," tambah wakil ketua DPR RI itu.. 

Berbicara KIB, Lodewijk menyebut KIB  memang belum menentukan siapa yang akan menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. Tapi, kata dia, baik Golkar, PAN dan PPP telah mencalonkan masing-masing ketua umumnya secara internal. 


"Pada dasarnya kita kan belum membicarakan itu, tapi dari aspirasi di daerah dari PAN terutama dengan PPP, mereka telah mencalonkan secara internal. Artinya mengambil dari para ketua umum. Golkar ada Airlangga Hartarto, PPP ada Pak Suharso, dan kemudian PAN ada Pak Zulhas (Zulkifli Hasan)," ucap anggota DPR dari pemilihan Lampung itu..

 "Nah ini calon-calon internal, kita harapkan karena KIB telah terbentuk kita harapkan yang nantinya akan dikelola karena KIB ini belum membicarakan siapa presiden, siapa calon wakil presiden," katanya lagi. 

 Diketahui, KPU telah membuka pendaftaran parpol sejak hari ini. Berdasarkan Peraturan KPU tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, tahapan pendaftaran parpol dan penyampaian dokumen persyaratan pendaftaran oleh parpol berlangsung sejak 1 Agustus-14 Agustus 2022.


Golkar, PAN, dan PPP Lampung

Di Lampung, kekompakan ketiga pimpinan partai politik itu juga nampak pada saat Muswil II, DPW PAN di hotel Emersia, pada Sabtu, 30 Juli 2002 lalu.

Para ketua, Irham Lan Putra (ketua DPW PAN), Supriyanto (Ketua DPW PPP), dan Sekretaris DPD Golkar Ismet Roni, mewakili Arinal Djunadi (ketua DPD Golkar) -- kompak melakukan deklarasi-- untuk sama sama membangun sinergi KIB, sebagaimana yang telah digulir di tingkat pusat.

Pada Muswil II, DPW PAN Lampung telah mengeluarkan rekomendasi untuk 5 nama calon presiden, untuk diusulkan ke DPP PAN, sebagai induk organisasi.

Kelimanya, Zulkifli Hasan (Ketua DPP PAN/Menteri Perdagangan), Airlangga Hartarto (Ketua Umum Golkar/Menko Perekonomian), Erick Thohir (Menteri BUMN), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), dan Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta). 

Kelima nama tokoh adalah, calon Presiden pada pemilu 2024 yang diusulkan PAN Lampung melalui Pleno dihadiri semua ketua DPD PAN kabupaten/kota, kata Ketua Pemenangan Pemilu DPW PAN Joko Santoso, kepada inilampung.com, Senin malam (*dtc/inilampung).


LIPSUS