Cari Berita

Breaking News

Rianasari Sukses Bawa Tapis Lampung ke Festival Nasional, Jagantara

INILAMPUNG
Senin, 22 Agustus 2022


INILAMPUNGCOM -- Kain tapis khas daerah Lampung tampil memukau pada fasion show Jagantara ( jaga warisan nusantara) di Ashta District8, Jakarta, pada Minggu, 21 Agustus 2022, tadi malam.


Jagantara merupakan event bergensi, nasional. Seluruh potensi warisan budaya diundang.



Kegiatan ini diinisiasi oleh sebuah komunitas wanita Indonesia yang peduli dengan karya-karya agung anak bangsa. Organsiasinya bernama WBI Foundation singkatanya, Warisan Budaya Indonesia, diketuai Yanti Airlangga-- istri Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.


Busana (motif) Lampung yang ditampilkan merupakan karya desainer kondang, Oscar Lawalata. Perancang mode papan atas itu sengaja diminta oleh Dekranasda setempat untuk membantu merancang modelnya sehingga pemilihan motif kain batik Lampung (tapis) agar bisa tampak lebih fasionabel.


Ratusan tamu undangan takjub dibuatnya. Pesona tenun batik khas itu membuat tamu pun berdecak kagum. Tepuk tangan dan pujian pun muncul diarena fasion yang sebagian besar tamu adalah pejabat negara, artis, dan seleb Indonesia itu.


Hadirnya gadis muli Lampung yang aduhai, dimana selain cantik, bergaun indah mereka lenggak-lenggok dilantai catwalk, diiringi musik yang serasi. Sungguh menghibur, menambah suasana malam itu jadi semakin heroik.


Nama-nama besar, seperti Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, Dewan Pertimbangan Presiden (wantimpres), Agung Laksono, dan sejumlah pejabat tampak hadir.


Artis model seperti Widyowati, dan lainnya pun tampak hadir.


Sambutan yang luar biasa. "Kami, berterima kasih dengan ibu Yanti Airlangga, Ketua WBI," kata Rianasari, ketua Dekranasda Lampung pada penutupan Jagantara, 21 Agustus 2022.


Berkat Yanti Airlangga, Lampung punya  kesempatan tampil diajang fasion bertaraf nasional.


Apalagi, perancang busana Oscar Lawalata -- seorang legend bidang mode internasional -- yang membuatnya.


Rianasari yang merupakan istri Gubernur Arinal Djunaidi itu mengaku kain tapis kini memang telah dikenal mendunia.


Hal itu, menjadi penyemangat bagi Dekranasda untuk membangkitkan industri kecil menengah ini menjadi lebih berjaya.


Riana Sari Arinal mengatakan sangat terharu dan bangga karena wastra Lampung tapis itu bisa tampil di acara penutupan acara Jaga Warisan Nusantara (Jagantara).


Oleh karena itu, Rianasari menyebut dalam waktu tidak lama lagi, pihaknya diundang ke Jakarta lagi.


“Bulan depan, kami diundang acara Kriya Nusa dan akan menampilkan batik batik Lampung," ujarnya menutup wawancaranya.


Sebagai informasi, selain Ketua Dekranasda, Riana Sari,  hadir juga Dirut Bank Lampung Presley Hutabarat dan istri.


Bahkan, hadir seabrek istri pejabat lain, termasuk yang dari kabupaten; Hj. Mamiyani (istri sekdaprov Fahrizal), dan Rusdiana (istri Plt. Bupati Pringsewu).


Lalu, Ny. Porri ( istri Sulpakar, Plt.Bupati Mesuji), serta puluhan istri pejabat lain dari sejumlah kepala OPD. (IL-2/inilampung)

LIPSUS