Cari Berita

Breaking News

Bupati Pesisir Barat Lantik 62 Peratin, Pelantikan Enam Peratin Tertunda

INILAMPUNG
Rabu, 14 September 2022
Views

 Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal melantik 62 peratin yang terpilih dalam pemilihan peratin serentak pada Juli 2022.

INILAMPUNG, Krui -- Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal melantik 62 peratin (kepala desa) yang terpilih dalam pemilihan peratin (pilratin) serentak pada 27 Juli 2022.

Pelantikan berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Selalaw, Pekon Kampungjawa Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu 14 September 2022.

Dihadiri ketua DPRD Pesibar, Agus Cik, Kapolres Lampung Barat, Dandim Lambar-Pesibar, Kepala BPN, pejabat di lingkungan pemkab setempat, unsur Forkopimda, serta para tamu undangan.

Pilratin serentak digelar di 68 pekon. Namun, yang dilatik baru 62 peratin. Peratin terpilih di enam pekon lainnya, pelatikannya tertunda. Alasannya, peratin di lima pekon belum habis masa jabatannya. Yaitu, peratin Negeriratu Ngaras Kecamatan Ngaras, Pekon Pagarbukit Kecamatan Bengkunat, dan Pekon Sukamulya Kecamatan Lemong. Tiga pekon itu habis masa jabatannya pada Desember 2022 mendatang.

Kemudian Pekon Tanjungsetia dan Pekon Biha Kecamatan Pesisir Selatan masa jabatan peratin definitifnya habis pada Oktober 2022.

“Satu pekon lainnya yang belum bisa dilantik serentak itu yakni Pekon Menyancang Kecamatan Karyapenggawa, karena ada sanggahan terhadap pelaksanaan Pilratin serentak 2022 yang lalu,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Pesbar, M. Nursin Chandra.

Dijelaskannya, untuk Pekon Menyancang itu terkait dengan laporan ada  dugaan terjadinya penarikan undangan pemilih oleh salah satu tim calon peratin dengan imbalan uang sebesar Rp100 ribu, dengan undangan pemilih yang ditarik berdasarkan laporan itu sebanyak 30 lembar. Mengenai adanya laporan keberatan dari pihak salah satu tim calon peratin itu hingga kini masih dalam tahap proses penyelesaian.

“Mudah-mudahan persoalan itu bisa segera selesai, sehingga pelantikan peratin terpilih di Pekon Menyancang itu bisa segera dilaksanakan,” jelasnya.

Tapi, kata dia, tidak menutup kemungkinan  dilantik bersamaan dengan peratin terpilih yang habis masa jabatan peratin definitifnya pada Oktober 2022 mendatang. Yang jelas, kini masih dalam tahap proses penyelesaian. Dirinya berharap masyarakat di Pekon Menyancang  tetap menjaga kondusifitas. Pemkab Pesibar juga berharap dalam pelaksanaan pelantikan Peratin terpilih nanti akan berjalan sukses dan lancar.

Sementara dalam sambutan Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, menyampaikan ucapan selamat kepada Peratin yang baru dilantik. Diharapkan dapat menjalankan tugas dan pelayananan secara amanah.

"Semoga bisa memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat di pekon yang dipimpin. Untuk satu pekon yang belum dilantik diharapkan bisa bersabar, saat ini masih dalam proses. Semoga cepatnya bisa menyusul untuk dilantik," pungkas Agus. (Eva)

LIPSUS