Cari Berita

Breaking News

INERSIA: Participatory Project

Rabu, 07 September 2022
Views


INILAMPUNG.COM -- Kiki Rahmatika, M.Sn (koreografer) bersama Hujan Hijau Dance-Lab menggelar participatoty project bertajuk "INERSIA" di Lamban Akas, 11 September 2022, pukul 16.00-17.30 Wib.


INERSIA (keseimbangan) merupakan sifat suatu benda untuk mempertahankan kedudukan, posisi, dan keadaannya. Teori inilah yang kemudian diterapkan dan diolah sehingga menjadi sebuah bentuk tarian yang disebut Wok Dance.


Melalui Wok Dance, koreografer bermaksud menyampaikan bahwa dalam tubuh manusia, INERSIA akan terkoneksi dengan impulse. Impulse adalah dorongan atau motivasi spontan yang muncul agar manusia melakukan sesuatu. Impulse akan terartikulasi dengan baik jika manusia terbiasa melatih kekuatan awareness-nya sehingga dapat meningkatkan kekuatan kehendak (Will/tekad) dan akhirnya teori INERSIA dapat bekerja dengan baik di tubuh manusia.


Kegiatan ini akan mengundang beberapa penonton di tempat untuk berpartisipasi dalam pertunjukan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan respon dari penonton yang berpartisipasi dalam pertunjukan dan untuk mendapatkan pengalaman umpan balik dari tubuh, pemikiran dan perspektif lain. Secara umum, juga diharapkan dapat menarik minat masyarakat agar tercipta lingkungan yang lebih mendukung dan mengapresiasi karya-karya kesenian. 


Proses cipta karya yang dilalui oleh koreografer, para penari, serta partisipan yang nantinya terlibat dalam pertunjukan juga diharapkan dapat menginspirasi para seniman tari agar terus produktif menciptakan karya tari baru dalam rangka upaya pelestarian kebudayaan serta diharapkan dapat menambah kekayaan khazanah keilmuan dalam menghadapi derasnya arus perubahan dunia.


Participatory project ini merupakan awal mula rangkaian kegiatan yang nantinya akan bermuara dalam acara presentasi publik yang diselenggarakan oleh Dance Nucleus Singapore di bulan Oktober.  


Dance Nucleus Singapore yang telah memberikan kesempatan program Beasiswa CP³ (ASIA, EROPA, AUSTRALIA) kepada Kiki Rahmatika selaku koreografer juga menunjukkan dukungannya dengan menghadirkan 3 mentor pendamping dalam proses penggarapan karya INERSIA yaitu Arco Renz (Eropa), Nanako Nakajima (Jepang), Padmini Chettur (India). (*/bdy/inilampung)

LIPSUS