Cari Berita

Breaking News

Pesisir Barat Jadi Kabupaten Prioritas Penanganan Stunting

INILAMPUNG
Selasa, 06 September 2022
Views

Pemkab Pesisir Barat mengatakan reabuk stunting. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Agus Istiqlal.

INILAMPUNG, Krui  – Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, membuka Rembuk Stunting yang berlangsung di aula Sunset Beach, Pekon Wayredak, Kecamatan Pesisir Tengah, pada Selasa 6 September 2022.

yang digelar oleh  Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar). Sebagai upaya percepatan penurunan stunting di kabupaten setempat, yang

Menurut Agus Istiqlal, persoalan stunting telah menjadi agenda nasional. Kabupaten Pesisir Barat menjadi salah satu kabupaten prioritas, dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia.

“Tahun ini Kabupaten Pesibar masuk dalam lokasi khusus (lokus), penanganan stunting oleh pemerintah pusat, karena itu kita harus benar-benar serius dalam menurunkan angka stunting yang ada saat ini,” kata dia.

“Pemerintah mempunyai target untuk menurunkan prevalensi hingga 14 persen pada tahun 2024. Itu artinya, kita harus menurunkan prevalensi sebesar 10,4 persen dalam 2,5 tahun ke depan, yang tentu saja ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk mencapainya,” jelasnya.

Lanjutnya, sesuai dengan strategi nasional dalam penanggulangan stunting, telah ditetapkan lima pilar pencegahan stunting, seperti komitmen dan visi kepemimpinan, kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku, konvergensi, koordinasi, dan konsolidasi program pusat, daerah, dan desa, ketahanan pangan dan gizi; dan terakhir pemantauan dan evaluasi.

“Saya minta seluruh perangkat daerah dan para stakholder, untuk tetap memantau status gizi kelompok rentan, dengan menerapkan enam langkah pengendalian pencegahan yang tepat, mulai dari integrasi program untuk menjaga gizi seimbang, mengamankan rantai pasok pangan yang sehat dan bergizi bagi kelompok rentan," katanya.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Ahmad Zulqoini Syarif, Kepala Balitbangda Syaifullah,  Kadiskes Pesbar Tedi Zadmiko, kadis P3AKB dr. Budi Wiyono., Kadiskominfotik Suryadi, perwakilan OPD terkait, camat, TP-PPK, dan peratin. (Eva).

LIPSUS