Cari Berita

Breaking News

172 Lifter Mengikuti Kejurnas Angkat Berat di Pringsewu

INILAMPUNG
Senin, 24 Oktober 2022

Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto berbincang dengan pemilik Padepokan Gajah Lampung Imron Rosadi.

INILAMPUNG, Pringsewu -- Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Berat yang berlangsung di Padepokan Gajah Lampung di Kabupaten Pringsewu, diikuti 172 lifter dari 19 provinsi se-Indonesia.

Kejuaraan yang diselenggarakan Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi), dibuka oleh Sekdaprov Lampung Fahrizal Darmanto pada Ahad, 23 Oktober 2022 malam.

Ketua pelaksana kegiatan sekaligus pengurus Pabersi Lampung Edi Sunarso menjelaskan, kegiatan itu diikuti 240 peserta. Meliputi 172 lifter putra-putri didominasi lifter senior dari berbagai kelas serta 68 official dan pelatih. Kejurnas berlangsung enam hari, 23-28 Oktober 2022.

Edi mengungkapkan, sebelumnya pada 2021, di Padepokan Gajah Lampung juga pernah menjadi tuan rumah Kejurnas Angkat Berat Yunior. Tahun 2022 kembali digelar di Pringsewu, namun didominasi lifter senior.

Dikatakan, kejurnas tersebut sebagai sarana penjaringan atlet untuk persiapan PON XXI tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh. "Kita sengaja  memfokuskan guna menjaring atlet berpotensi.  Kami optimistis melalui even-even yang digelar akan didapatkan lifter-lifter berkualitas untuk terus dibina hingga menjadi juara internasional," ucap Edi Sunarso.

Sementara Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto mengatakan, angkat berat merupakan cabor potensial yang dimiliki Indonesia. Untuk itu, ia optimistis ke depan akan lebih banyak atlet-atlet RI yang bisa menunjukkan kemampuannya di tingkat nasional maupun internasional.

"Saya berharap kepada seluruh pengurus PABERSI khususnya di Provinsi Lampung, juga masing-masing daerah agar lebih berkonsentrasi memetakan atlet-atletnya. Semoga kelak bakal muncul bibit-bibit berprestasi hingga ke tingkat Internasional,"harapnya.

Fahrizal juga mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah sekaligus pemilik Padepokan Gajah Lampung Imron Rosadi yang telah menyediakan tempatnya untuk bertanding angkat berat tingkat nasional.

Juga mengapresiasi kepada Pemkab Pringsewu  yang turut peduli mendukung dan membantu  menyukseskan pelaksanaan kejurnas tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dan bantuan dari Pemkab Pringsewu," ucap Sekdaprov Lampung.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan, kejuaraan yang diikuti ratusan peserta dari berbagai provinsi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kebersamaan, sportifitas, memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Adi Erlansyah berharap, kegiatan nasional tersebut dapat meningkatkan kejayaan Pringsewu sebagai gudang lifer angkat besi dan angkat berat nasional. "Semoga Kabupaten Pringsewu khususnya tetap sebagai gudang lifter angkat berat dan angkat besi nasional yang berprestasi internasional," harapnya.

Selain itu, kejuaraan tersebut juga dapat mendongkrak perekonomian daerah pasca pandemi. Seperti, sejumlah hotel penuh terisi tamu atlet, pelatih dan official dari berbagi provinsi. Begitu juga usaha rumah makan dan usaha  masyarakat di bidang UMKM lainnya.

Nampak hadir Ketua Harian KONI Provinsi Lampung Hanibal dan Sekum KONI Lampung  Subeno, Ketua KONI Kabupaten Pringsewu Dwi Pribadi, Dandim 0424 TGM dan Forkopimda setempat. (tyo)

LIPSUS