Cari Berita

Breaking News

Pameran Seni Rupa KROMATIK: Kolaborasi Kreatif

Selasa, 18 Oktober 2022



INILAMPUNG, YOGYAKARTA -- Pameran senirupa Kromatik berlansung di Galeri  RJ. Katamsi, Jl. Parangtritis Km. 6,5 Bantul, 25 - 31 Oktober 2022, pukul 09.00-15.00 WIB 

Pameran dibuka oleh Dekan FSR ISI Yogyakarta, Dr. Timbul Raharjo pada Selasa 25 Oktober 2022, pukul 09.00 WIB

Partisipan pameran ini adalah Dosen Purnatugas FSR 2022: Drs. Andang Suprihadi, MS., Drs. Anusapati, MFA., Dr. Supriaswoto, M.Hum., Drs. Asnar Zacky, M.Sn., Drs. Wibowo, M.Sn. (alm), beserta dosen aktif, mahasiswa dan alumni. 

Secara sederhana "kromatik" itu spektrum cahaya yang menghasilkan warna akibat mencapai gelombang tertentu. Sementara akronimnya, "a-kromatik" tidak sampai pada gelombang tertentu plus tidak menghasilkan warna. 

Uniknya, ada 3 elemen penting dalam warna kromatik, yaitu hue, saturasi, dan kecerahan. Tiga unsur yang membuat sesuatu jadi indah secara visual dan nyaman untuk dilihat. 

Semua itu dipelajari di seni rupa. Para partisipan pameran ini, utamanya para dosen purnatugas telah masuk dalam fase kromatik atau pada puncak (warna) hidup. Penuh pelajaran untuk diresapi oleh mereka yang lebih muda (para dosen yang masih berkiprah atau mahasiswa). 

Sehingga dalam pameran ini kerja kolaborasi tidak sekadar diartikan kerja bersama, tetapi juga elaborasi pemikiran dalam kelas atau laboratorium kerja. Sejumlah 40-an karya dari setiap 7 program studi di FSR, disajikan untuk mengidentifikasi subjek.

Harapannya jelas yakni mengarah pada padu-padan, hierarki, maupun percampuran yang indah antar partisipan. Energi, pikiran & kemampuan para dosen (purnatugas) yang ditransformasikan ke mahasiswa diharapkan dapat dikembangkan menjadi kreativitas baru. 

Tak salah, bila Anda menyaksikan pameran ini salah satunya akan menikmati hasil kreativitas tersebut. (rls/inilampung)


LIPSUS