-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Hutan Taman Nasional Way Kambas Terbakar

Kamis, 24 November 2022

 Petugas Sedang Melakukan Pemadaman Api


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur--Hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) wilayah seksi 1 terbakar pada rabu 23 November 2022.


Kepala Seksi 1 Balai TNWK Arifudin Bayu Aji saat dimintai keterangan terkait kebakaran membenarkan adanya peristiwa tersebut namun belum bisa memberikan data secara lengkap.


"Ya benar ada kebakaran tapi saat ini kami masih belum bisa memberikan data luasan" kata Arifudin Bayu Aji, kamis (24/11/2022).


Dipastikan api membakar semak belukar dan sejumlah pohon hutan, namun jenis tanaman yang terbakar juga belum bisa di identifikasi.


Dalam video yang beredar tampak petugas balai TNWK dibantu personel Polri ikut membantu melakukan pemadaman api.


Sementara dilihat dari kanal Facebook BTN Way Kambas penyebab kebakaran hutan bisa di sebabkan oleh dua faktor utama yaitu faktor manusia dan faktor alami.


Faktor alami misalnya pengaruh EL-Nino yang menyebabkan kemarau panjang sehingga tanaman menjadi kering dan mudah terbakar.


Sedangkan faktor manusia berupa pembukaan lahan dengan cara membakar atau pembuatan api unggun yang lupa dimatikan sehingga menyambar pepohonan atau semak sehingga menyebabkan kebakaran.


Selain dua faktor tersebut, masih ada banyak penyebab kebakaran hutan antara lain, sambaran petir, letusan vulkanik gunung berapi, faktor iklim, perburuan satwa liar dan pembakaran padang penggembalaan.


Sampai malam ini belum ada keterangan resmi penyebab pastinya terjadi kebakaran tersebut. (AF)

LIPSUS