Cari Berita

Breaking News

76 Warga Penggawa V Tengah Terima BLT Tahap Keempat

INILAMPUNG
Jumat, 23 Desember 2022

 Penyerahan BLT tahap keempat tahun 2022 di Penggawa V Tengah, Kabupaten Pesisir Barat.

INILAMPUNG, Pesisir Barat - Sebanyak 76 warga Penggawa V Tengah, Kabupaten Pesisir Barat menerima bantuan langsung tunai (BLT) tahap ke-4 atau terakhir tahun 2022.

BLT yang diserahkan untuk periode tiga bulan, Oktober, November dan Desember. Nilainya Rp900 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM).

Selain itu, sebanyak 37 KPM juga mendapat bantuan sembako yang merupakan anggaranan sisa program ketahanan pangan 2022.

Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Aula Balai Pekon Penggawa V Tengah pada Jumat, 23 Desember 2022.  Dihadiri camat Karyapenggawa,  Wike Wijayanti, pendamping desa Ketua LHP, Babinsa, dan Babinkantibmas.

Disampaikan Peratin Penggawa V Tengah, Ade Yaksa, besaran BLT Dana Desa 2022 ditetapkan sebesar Rp300 per bulan.

"Penggawa V Tengah sudah merealisasikan seratus persen BLT DD selama setahun tahun 2022," jelas Ade.

Sementara Camat Karyapenggawa Wike Wijayanti mengatakan, pada 2023, BLT Dana Desa akan diganti menjadi BLT Kemiskinan Ekstrem. Meski nilai bantuannya masih sama, tapi jumlah penerimanya akan berkurang yang hanya maksimal 25 persen.

Sesuai dengan pemaparan Kementerian Desa (Kemendes), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi BLT Dana Desa ditiadakan. Karena landasan pembuatan program itu sudah tidak ada lagi, yakni pandemi Covid-19. Karena itu, landasan penyaluran BLT harus disesuaikan dengan Prioritas Pembangunan Nasional 2023.

"Bisa saja satu desa menggunakan lebih dari 40 persen dana desa-nya untuk BLT jika memang ada penerima yang sesuai kriteria. Bisa pula satu desa tak menyalurkan sama sekali BLT karena memang tak ada warga miskin ekstrem di desanya," paparnya

Berdasarkan Data Kemendes PDTT tahun 2022, warga miskin ekstrem yang Data ini tinggal diolah Pemerintah Kabupaten untuk menetapkan penerima BLT Kemiskinan Ekstrem 2023. (Eva).

LIPSUS