Cari Berita

Breaking News

Dawam Ajak PT GGP PG4 Dukung Peningkatan Literasi Kesehatan

Selasa, 13 Desember 2022
Views


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur–Peningkatan Literasi Kesehatan bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah melainkan tanggung jawab bersama termasuk dilingkungan perusahaan.

Hal itu disampaikan Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo pada acara Peningkatan Literasi Kesehatan di Tatanan tempat kerja dan Germas kluster peningkatan aktifitas fisik ,pangan sehat, edukasi hidup sehat dan deteksi dini penyakit, di PT. Great Giant Pineaplle-PG4 Kecamatan Labuhanratu, selasa (13/12/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis kesehatan dokter Satya Purna Nugraha, Tim Penggerak PKK Kabupaten, Darma Wanita Persatuan, Camat Labuhanratu dan Forkopimcam dan Para Pejabat serta Karyawan PT GGP PG4.

Dawam juga mengatakan dalam kurun waktu 17 tahun terakhir, Penyakit Tidak Menular (PTM) menjadi penyebab utama dari kematian penduduk dan pembiayaan kesehatan yang mahal sekitar 23,9%. 

Di sisi lain, prevalensi penyakit menular masih tinggi, Peningkatan PTM akan terus berlanjut seiring meningkatnya faktor risiko seperti kurang aktivitas fisik, merokok dan kurang konsumsi sayur dan buah.

"Peningkatan edukasi hidup sehat merupakan program yang perlu dilaksanakan oleh instansi terkait agar masyarakat mempunyai budaya perilaku hidup sehat," ujar Dawam.


Dawam melanjutkan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) perlu dilakukan secara terus menerus untuk membuat masyarakat lebih sehat dan terhidar dari berbagai penyakit.

"Saya berharap PT Great Giant Pineaplle-PG4 terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya hidup sehat bagi karyawan dalam lingkungan tempat kerja," harap Dawam.

Dawam juga mengajak peserta yang hadir untuk mendukung gerakan pencegahan stunting.

"Ayo kita dukung gerakan cegah Stunting dalam 8000 Hari pertama kehidupan (HPK) dengan cara dimulai dari Remaja untuk mendukung Remaja putri minum tablet tambah darah dan mendukung ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dalam jumlah yang cukup," kata Dawam. (AF)

LIPSUS