Cari Berita

Breaking News

Dawam, Pemanfaatan dan Pengelolaan Dana Desa Harus Tepat Sasaran

Selasa, 06 Desember 2022


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur—Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Lampung melakukan sosialisasi optimalisasi peran, tugas dan Fungsi BPK dan DPR dalam pengawasan pengelolaan Dana Desa. Selasa (6/12/2022).


Kegiatan yang dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Junaidi Auly, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Lampung Yusnadewi, Kapolres Lamtim AKBP Zaky Alkazar Nasution, Dandim 0429 Lamtim Letkol Inf Indra Puji Triwanto, Ketua Pengadilan Agama Sukadana Dian Siti Kusumawardani, Para Kepala OPD, para Camat dan Kepala Desa Se-Kabupaten Lampung Timur, berlangsung di Aula Islamic Center Sukadana.


Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo mengatakan Dana Desa merupakan salah satu program pemerintah, dalam upaya menciptakan desa yang mandiri, untuk meningkatkan pembangunan, serta meningkatkan  taraf hidup masyarakat, melalui berbagai kegiatan pemberdayaan.


"Melalui prioritas penggunaan Dana Desa, diharapkan mampu menjadi acuan bagi pemerintah desa, dalam mengelola Dana Desa yang manfaat  serta tepat sasaran," kata Dawam.


Dawam juga berpesan kepada para kepala desa, serta pemerintah desa di Kabupaten Lampung Timur, agar berhati-hati dalam mengelola keuangan desa yang di amanahkan.


"Ingat harus hati-hati, jangan sampai salah dalam pengelolaan dana desa, karena semua ada pertanggung jawabannya dan selalu dalam pengawasan," jelas Dawam.


Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Junaidi Auly mengatakan DPR RI berusaha untuk komitmen terus meningkatkan Dana Desa.


"Pandemi Covid-19 ada sedikit penurunan tapi tahun 2023 Dana Desa sedikit meningkat dan ini harus menjadi semangat bagi Kepala Desa untuk membuktikan kinerjanya dalam pemanfaatan dan pengelolaan Dana Desa tersebut," kata Junaidi.


Junaidi melanjutkan, Dana Desa yang digulirkan melalui APBN harus memberikan dampak posotif bagi kemajuan disetiap Desa sesuai dengan pemanfaatannya.


"Sudah banyak desa yang maju dan masyarakatnya sejahtera karena pemanfaatan dana desa yang tepat sasaran, tinggal bagaimana kita melakukan pengelolaan dana desa agar sesuai dengan peruntukaanya," katanya. (AF)

LIPSUS