Cari Berita

Breaking News

Deklarasi Ibu Hamil Sehat Upaya Turunkan Stunting di Lampung Timur

Dibaca : 0
 
Rabu, 21 Desember 2022


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur–Deklarasi Ibu Hamil sehat, merupakan salah satu langkah nyata untuk mencegah terjadinya stunting.


Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur (Lamtim) dr Satya Purna Nugraha menjelaskan deklarasi tersebut dilakukan sebagai upaya Pemerintah dalam menargetkan penurunan angka stunting.


"Tadi sudah kita lakukan deklarasi ibu hamil sehat, upaya ini termasuk dalam intervensi spesifik stunting sebelum kelahiran dan setelah kelahiran," ujar Satya didampingi Kabid kesehatan masyarakat
Suparjo, usai peringatan HKN, Selasa (20/12/2022)


Dia melanjutkan, Intervensi spesifik sebelum lahir dilakukan pada remaja putri dan ibu hamil dan setelah lahir pada balita.


"Terutama yang kalau stunting kita sangat ingin mengejar pada 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK) Jadi kita pastikan sejak awal kehidupan semua faktor pertumbuhan terpenuhi,” lanjutnya.


Dia berharap ibu hamil mendapatkan Tablet tambah Darah selama kehamilan, juga mengonsumsi makanan sesuai rekomendasi serta untuk ibu hamil kurang gizi mendapatkan asupan gizi tambahan.


"Ini semua diberikan dan dipantau melalui pemeriksaan kehamilan rutin dan kelas ibu hamil," katanya.


Deklrasi Gerakan Ibu hamil Sehat berlangsung mulai 14 Desember hingga 22 Desember 2022, menyasar kepada ibu hamil melalui aktivitas gerakan pemeriksaan ibu hamil minimal 6 kali selama kehamilan termasuk 2 kali dengan dokter dan USG. (AF)

LIPSUS