Cari Berita

Breaking News

Porprov IX Lampung, Pringsewu Dapat 21 Emas dari Atletik

INILAMPUNG
Sabtu, 10 Desember 2022

Cecep Pengurus PASI Kabupaten Pringsewu mengalungkan medali emas kepada anak asuhnya.

INILAMPUNG, Bandarlampung
-- Kontingen Cabang Olahraga (Cabor) Atletik Kabupaten Pringsewu mendominasi perolehan medali emas dengan meraih 21 emas dari 60 nomor yang dipertandingkan.

Perolehan medali emas dari atletik, itu melebihi atau jauh di atas target Pringsewu pada Porporv IX Lampug. Dari target 12 medali emas, berhasil mendapatkan 21 emas.

Selain itu, atletik Pringsewu juga memperoleh dua perak dan empat perunggu, pada ajang Pekan Olahraga Provinsi IX Lampung yang digelar di Stadion Pahoman Bandarlampung, 8 - 10 Desember 2022.

Pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Pringsewu Cecep didampingi pelatih senior Kusdi menuturkan, dari 21 Emas itu diperoleh dari nomor lari 400 meter putri senior dan yunior, lari gawang 400 putri, lari 5000 meter putri.

Lalu lari 400 meter putra yunior B, 800 meter putri yunior B, 800 meter putra yunior A, 800 meter putri yunior A, 800 meter putra Senior, 800 meter putri Senior, estafet 4 x 100 meter putri dan lompat galah putra.

"Kami menurunkan 27 atlet terdiri 13 putra dan 14 putri, dengan empat pelatih dan seorang official. Memang kami menargetkan 12 Emas, tapi Alhamdulillah malah bisa mendapatkan 21 emas,"ucapnya.

Cecep yang juga pelatih kawakan menjelaskan, jika para anak asuhnya itu jauh hari sudah dilatih dan  digembleng oleh para pelatih atletik profesional seperti Hadi Wacono dan Sarmiati (suami istri) yang juga mantan atlet nasional atletik.

"Bahkan tiga bulan sebelum pelaksanaan Porprov kami sudah uji dulu melalui kompetisi. Juga rutin dilakukan latihan explosif power atau daya ledak kepada para atlet,"ujarnya.

Cecep menambahkan, kendatipun kucuran bantuan dana dari pihak terkait minim juga fasilitas untuk berlatih hanya seadanya, namun pengurus dan para pelatih tetap semangat untuk menelurkan atlitnya berprestasi."Bukan saja prestasi dieven Porprov saja, melainkan dievent nasional kami dari PASI berjuang demi Kabupaten Pringsewu,"imbuhnya.

Ketua Umum KONI Kabupaten Pringsewu Dwi Pribadi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Cabor Atletik yang telah berjuang sempurna dan maksimal hingga menghasilkan 21 medali Emas dan terbanyak di Kontingen Pringsewu, kendatipun dengan anggaran yang kurang maksimal.

"Saya yakin dengan anggaran yang seadanya tetapi pihak pengurus dan pelatih Cabor Atletik yang memang mempunyai jam terbang tinggi pasti tetap mengedepankan  profesional dan proporsional."Hal ini demi membela dan membawa nama harum Kabupaten Pringsewu,"ucapnya.

Dwi Pribadi memprediksi perolehan medali Emas pada pelaksanaan Porprov ke-IX tahun 2022 ini, Kontingen Kabupaten Pringsewu bakal meningkat dari tahun sebelumnya pada 2017 lalu dengan mendapatkan 46 emas, 40 perak dan 59 perunggu dan memperoleh peringkat IV.

"Saya optimis untuk tahun ini pasti meningkat perolehan medalinya walau dengan anggaran minimalis. Terbukti hingga Sabtu (10/12/2022) pukul 16.30 Wib Pringsewu berdasarkan data internal di posko Kontingen Pringsewu di anjungan  sudah mendapat 51 emas,"imbuhnya. (tyo)

LIPSUS