Cari Berita

Breaking News

'Suara dari Lampung' Himpun 11 Puisi Esai

Dibaca : 0
 
Jumat, 23 Desember 2022




INILAMPUNG -- Buku puisi esai Suara dari Lampung menghimpun 11 penulis ini siap diluncurkan di Jakarta diterbitkan CBI.

Penerbitan buku puisi esai yang digagas Denny JA untuk menyambut Desember sebagai Bulan Puisi Esai. Setiap provinsi berisi 11 puisi esai, dari Aceh hingga Papua.

Penggagas puisi esai, Denny JA menjelaskan, setiap provinsi menghimpun 11 penulis puisi esai dan 1 naskah dari "kakak asuh" yang merangkap kurator dan editor. 

Istilah "kakak asuh" ini dikatakan Denny, adalah sastrawan senior di daerah masing-masing dan sudah sering terlibat dalam puisi esai. "Para 'kakak asuh' tersebut memilih penulis, berdiskusi tentang tema, mengoreksi atau mengedit hingga menjadi puisi esai yang baik," jelas Denny, Jumat (23/12/2022).

Dia menunjuk dari Sumsel adalah Anwar Putra Bayu sebagai kakak asuh, Aceh (D. Kemalawati), DKI Jakarta (Fatin Hamama), Lampung ditunjuk Isbedy Stiawan ZS, dan provinsi lainnya. 

Untuk Provinsi Lampung, Isbedy telah memilih 10 penulis puisi esai dan menghimpunnya menjadi antologi puisi esai berjudul "Suara dari Lampung".

Isbedy Stiawan ZS menerangkan, naskah puisi esai dari Lampung sudah dikirim ke Denny JA, dan saat ini tengah diolah layout dalam bentuk ebook PDF oleh penerbit CBI.

Lanjut Isbedy, ketika dipercaya menjadi kakak asuh bagi penulis puisi esai, dirinya langsung mencari penulis yang dinilai masih baru dan belum pernah menulis puisi esai.

"Saya memilih penulis dari berbagai kalangan atau profesi. Seperti mahasiswa, guru, dosen, jurnalis, wurausaha, dan karyawan swasta," ujar Isbedy, di Bandarlampung, Jumat (23/12/2022).

Adapun ke 11 penulis puisi esai "Suara dari Lampung" adalah Abdurobbi Fadillah, Chandra Wiguna, Devin Cumbuan Putri, Fitri Angraini, Isbedy Stiawan ZS, M. Yanuardi Zain, Rio Fauzul, Stenly Octavianus,  Suherdi, Teguh, dan Wulan Octi Pratiwi. (zal/inilampung)


LIPSUS