Cari Berita

Breaking News

Tanam Jagung di Lamtim, Wamentan Serahkan Bantuan Alat Pertanian

Kamis, 22 Desember 2022
Views

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi Serahkan Bantuan Alat Pertanian

INILAMPUNG.COM, Lampung Timur—Pemerintah akan selalu hadir ditengah masyarakat guna menjaga ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan agar lebih berkembang.


Hal itu disampaikan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI Harvick Hasnul Qolbi pada acara tanam jagung serentak dikawasan korporasi petani koperasi Agro Gelem Hijau, dalam rangka gerakan aksi penjaga pangan, di Desa Sukoharjo, Kecamatan Sekampung, kamis (22/12/2022).


"Kalau pemerintah sudah hadir maka masyarakat juga harus bisa dan cepat dalam mengapresiasi semua program-program yang akan dikeluarkan oleh pemerintah secara nasional terutama dalam menjaga ketahan pangan," ujar Harvick


Harvick melanjutkan, menjelang natal dan tahun baru pemerintah juga telah mengimbau kepada para Kepala Daerah untuk menjaga harga pangan agar tetap stabil. "Kita juga sudah mengimbau kepala Daerah untuk bisa menjaga pangan agar tetap stabil baik dari sisi harga maupun juga daya beli masyarakat," tambahnya.


Wakil Gubernur Lampung Chusnunia menjelaskan Provinsi Lampung sebagai daerah sentra beberapa komoditas pertanian baik dari subsektor tanaman pangan, perkebunan, peternakan dan hortikultura, terus mendapat dukungan dari pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan capaian produksi.


"Dengan capaian Peningkatan produksi tersebut tentunya harus diikuti dengan peningkatan kesejahteraan para petani di Provinsi Lampung," ujar Nunik -sapaan akrabnya-


Nunik melanjutkan, untuk mendukung ketahanan pangan, Provinsi Lampung terus melakukan berbagai upaya peningkatan produksi baik melalui peningkatan Indeks Pertanaman (IP) maupun peningkatan produktivitas diberbagai komoditas.


"Peningkatan IP di lahan sawah dan darat dilakukan melalui dukungan ketersediaan air dan pemanfaatan lahan tanam tumbuh secara tepat dan benar," kata Nunik.


Sementara itu Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi mengatakan Kabupaten Lampung Timur memiliki wilayah pertanian yang luas, dan didukung dengan jumlah penduduk yang sebagian besar bergerak pada sektor pertanian.


"Kabupaten Lampung Timur berpotensi
meningkatkan kesejahteraan masyarakat,
melalui peningkatan produksi pertanian. Oleh karena itu, dukungan Pemerintah Pusat dan Provinsi sangat dibutuhkan sehingga petani mencapai kemakmuran," kata Azwar.


Dalam acara tersebut Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi juga meyerahkan bantuan Program Magang ke Jepang yang diberikan kepada M Riski Agung Saputra Siswa SMKN 1 Sekampung jurusan ATPH, bantuan alat pertanian antara lain dua Unit Hand Traktor, satu unit Corn Drier, satu unit pemipil jagung, satu unit traktor rotari roda empat dan benih jagung kepada para penerina bantuan alat pertanian.


Acara tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPD RI Dapil Lampung Abdul Hakim, Danrem 043/ Gatam Brigjen TNI Ruslan Effendy, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Kusnardi, Kapolres AKBP Zaky Alkazar Nasution, Dandim 0429 Lamtim Letkol Czi Indra Puji Triwanto dan forkopimcam Sekampung. (AF)

LIPSUS