Cari Berita

Breaking News

Ali Imron Sosialisasikan Ideologi Pancasila di Kalangan Pamong Desa

Senin, 30 Januari 2023


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur--
Anggota DPRD Lampung dari Partai Golkar, Ali Imron, menyosialisasikan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) bagi para pendamping desa, pemuda, dan warga desa di Desa Braja Harjosari, Kecamatan Braja Selebah, Lampung Timur, Senin  (30/1/2023).

Menurut Imron, ideologi Pancasila dan nilai kebangsaan perlu terus dipupuk dan dikembangkan agar persatuan dan kesatuan terpelihara dengan baik.

Imron mengatakan, akhir-akhir ini pengalaman nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat mulai luntur. Ia pun mencontohkan persoalan sepele yang seharusnya bisa dimusyawarahkan bisa berakhir dengan pertumpahan darah.

"Sekarang ini hanya karena masalah batas lahan saja dua tetangga bisa berantem bahkan sampai nyawa melayang. Padahal, jika kita memahami dengan baik nilai-nilai Pancasila, tidak ada masalah yang tidak bisa dipecahkan bersama. Persoalan antarwarga bisa diselesaikan dengan jalan musyawarah," katanya.

Imron mengatakan, pembinaan IPWK perlu terus diberikan masyarakat, termasuk kepada generasi penerus bangsa.

"Para pendiri bangsa kita sudah merumuskan ideologi Pancasila dengan sangat baik. Dengan ideologi Pancasila, Indonesia sudah terbukti bisa mempertahankan keutuhan bangsa dan negara," kata dia.



Menurut Imron, perbedaan pendapat dan perbedaan pilihan semestinya tidak menjadikan terjadinya perpecahan.

"Persatuan jauh lebih penting dibanding pilihan politik. Dalam pilkades, misalnya, kita boleh berbeda pilihan. Namun, perbedaan itu jangan sampai membuat kita saling bermusuhan," katanya.

Kegiatan sosialisasi IPWK ini disambut antusias puluhan warga. Pada sesi tanya jawab, beberapa peserta menanyakan soal apa arti ideologi Pancasila dan bagaimana praktiknya dalam kehidupan sehari-hari.

LIPSUS