-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-63, Pemkab Lamtim Gelar Germas

Rabu, 25 Januari 2023


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur–Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63 menjadi momen tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) untuk lebih meningkatkan kegiatan Germas.


Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Lamtim Yus Bariah pada acara Germas dalam rangka perintan HGN Ke-63 di Desa Braja Indah Kecamatan Braja Selebah, rabu (25/1/2023).


Kegiatan yang bertajuk "Gerakan Cegah Stunting dengan Protein Hewani" tersebut dihadiri Kadis Kesehatan Lamtim dr Satya Purna Nugraha, Camat Braja Selebah Novjansyah Adzani Akbar, Ketua Darma Wanita Persatuan Sugiati.


Dalam sambutannya Yus Bariah menjelaskan, Gerakan tersebut untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait isi piringku sebagai solusi pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga. 


Gerakan tersebut juga dapat dilaksanakan juga diposyandu yang tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat dalam memenuhi gizi harian melalui edukasi di posyandu dengan Isi piringku.


"Ini dilakukan sebagai salah satu intervensi pencegahan stunting yang dimulai dari remaja dalam kandungan sampai usia Balita dua tahun," ujar Yus Bariah.


Selain itu, Gizi ibu hamil penting untuk mencegah stunting saat lahir yang dapat terjadi akibat kekurangan gizi dan anemia saat remaja sampai saat kehamilan. 


"Oleh karena itu, asupan gizi ibu hamil yang kuat sangat penting untuk mencegah ibu hamil KEK dan anemia agar tidak melahirkan bayi stunting," lanjutnya.


Yus Bariah melanjutkan, Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap 25 Januari, merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi.


"Melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan, diharapkan dapat turut mendorong pencapaian RPJMN bidang kesehatan," kata Yus Bariah. (AF)

LIPSUS