Cari Berita

Breaking News

Diskusi Puisi Esai: Thailand Selatan dan Sastra Melayu

Selasa, 07 Februari 2023
Views



INILAMPUNG, JAKARTA -- Komunitas Puisi Esai Asean bekerja sama dengan Bahasa menggelar diskusi bulanan, 11 Februari 2023 pukul 19.00 melalui zoom.

Fatin Hamama selaku panitia dan host dalam kegiatan inj mengatakan, topik diskusi kali ini adalah "Thailand Selatan dan Sastra Melayu. Menampilkan pembicara Prof. Madya.Dr. Phaosan Jehwae. 

Fatin menjelaskan, diskusi ini mengjadirkan pembaca puisi dari lima negara, yakni Professor Ampuan Dr. Haji Brahim bin Ampuan Haji Tengah (Brunei Darussalam), Hartinah Ahmad (Singapura), Mahroso Dollah (Thailand), Mashudi Bahari  (Malaysia), dan Fitri Angraini Roffar (Indonesia).

"Thailand Selatan berbatasan dengan Semenanjung Malaysia. Persentuhan garis tepi kedua negara ini menjadikan kebudayaan mereka banyak kemiripan, termasuk di bidang sastra. Penduduknya pun sama-sama orang Melayu yang beragama Islam. Ini yang membedakan Thailand Selatan dengan Thailand Utara, kendati kedua wilayah ini diperintah oleh Kerajaan Buddha yang berada di utara," jelas Fatin dalam rilis yang diterima inilampung malam ino. 

Menurut "ratu" Puisi Esai Indonesia, kebudayaan Melayu itu terasa jelas di Wilayah Narathiwat, Wilayah Pattani, Wilayah Yala, Wilayah Songkhla dan Wilayah Satun.

"Bagaimana dan seperti apa Sastra Melayu di wilayah itu? Pertanyaan ini akan dijawab pada Diskusi Puisi Esai  Asean ke-20 ini," katanya.

Ia mengajak pecinta sastra untuk bergabung di Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/84714994822?pwd=cjI5em9NMXJMbU84NU5ZTE16Q3kyZz09

Meeting ID: 847 1499 4822
Passcode: puisiesai. (bdy/zal/inilampung). 



LIPSUS