Cari Berita

Breaking News

Kapolda Lampung Resmikan Mako Sementara Polres Pesisir Barat

INILAMPUNG
Rabu, 01 Februari 2023

 Kapolda Lampung, Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus menandatangani pengukuhan dan peresmian Mako Sementara Polres Pesisir Barat disakasikan Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal.

INILAMPUNG, Pesisir Barat
-- Kapolda Lampung, Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus meresmikan Mako Sementara Polres Pesisir Barat di Jalan Pelabuhan Kuala Stabas Lingkungan Pasarmulya Barat Kelurahan Pasarkrui Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu 1 Februari 2023.

Momentum bersejarah bagi masyarakat Pesibar tersebut dihadiri Wakapolda Lampung, Brigjen. Pol. Umar Effendi, Karorena Polda Lampung, Kombes. Pol. Yosep Budi Medianto, sejumlah pejabat utama (PJU) Polda Lampung dan Kapolres Pesibar, AKBP Alsyahenra.

Juga hadir, pasangan Bupati-Wakil Pesibar, Agus Istiqlal - A. Zulqoini Syarif, Ketua DPRD Pesibar, Agus Cik, Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat (Lambar), Nukman, Ketua DPRD Lambar, Edi Novial, Kapolres Lambar, AKBP. Heri Sugeng P, Dandim 0422 Lambar, Letkol. Czi. Anthon Wibowo, Wakapolres Pesibar, Rafli Yusuf Nugraha, para pejabat dan perwakilan 16 Sai Batin Marga se-Pesibar.

Dalam sambutannya, Kapolda Akhmad Wiyagus mengatakan Pesibar merupakan pemekaran dari Lambar yang disahkan berdasarkan Undang-Undang Nomor: 22/2012 tentang pembentukan Kabupaten Pesisir Barat pada 16 November 2012. Dengan jumlah penduduk 164.453 jiwa dan luas wilayah 2.907,23 Km2, terdiri dari 11 kecamatan, dua kelurahan dan 116 pekon.

"Mencermati dinamika yang terus berkembang Polda Lampung melakukan pengkajian tentang usulan pembentukan Polres Pesibar," ungkap Kapolda.

Berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor : Kep/1138/VII/2022 tanggal 30 Agustus 2022, Polda Lampung mendapatkan pengembangan Polres Pesibar. Pada 25 Januari 2023 dilakukan pergeseran personel dan penyerahan peralatan kepolisian kepada Polres Pesibar.

"Pelaksanaan tugas Polri saat ini masih dihadapkan dengan berbagai macam tantangan, yakni dengan adanya tuntutan dan harapan dari masyarakat untuk kehadiran dan pelayanan dibidang kepolisian yang dinilai masih belum maksimal," jelasnya.

“Harapan masyarakat terhadap Polri dalam rangka memberikan pelayanan dengan cepat, tepat dan tidak mempersulit dalam menyelesaikan masalah, mampu mengantisipasi dan mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas serta penegakkan hukum yang profesional dan proposional," imbuh Kapolda.

Terutama, lanjutnya, terhadap kejahatan yang meresahkan masyarakat serta didukung dengan transparansi proses penyidikan perkara. Karena itu, hadirnya Polres Pesibar merupakan salah satu bentuk nyata dari Pemerintah Pusat dalam merealisasikan program prioritas Kapolri yaitu transformasi menuju Polri yang presisi.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Pesibar serta stakeholder terkait yang telah memberikan dukungan baik secara moril maupun materiil atas berdirinya Polres Pesibar," pungkasnya.

Hal itu merupakan wujud kemitraan yang harmonis antara Pemerintah Daerah dengan Polda Lampung dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna memelihara dan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Saya juga berpesan kepada Kapolres dan Personel Pesibar, agar dapat melaksanakan tugas secara profesional dan mau turun ke lapangan untuk menghadapi keluhan, menyerap aspirasi dan melayani masyarakat serta hindari segala macam bentuk pelanggaran yang dapat menurunkan citra Polri," kata Kapolda.

Kapolda Lampung bersama jajarannya melanjutkan kegiatannya dengan berkunjung ke Sekretariat Pemkab Pesibar dan meninjau lahan kantor Polres Pesibar seluas 5 hktare di Pekon Sukajadi Kecamatan Krui Selatan. (Eva)

LIPSUS