Cari Berita

Breaking News

Pemkab Pesibar Gelar Rakor dan Asistensi TPAKD Bersama OJK

INILAMPUNG
Rabu, 01 Februari 2023

 Rakor dan asistensi TPAKD bersama OJK di Pemkab Pesisir Barat.

INILAMPUNG, Pesisir Barat -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Asistensi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung, bertempat diruang rapat lantai III, kantor Pemkab Pesisir Barat, Rabu (01/02/2023).

Rakor dan Asistensi tersebut melalui Bidang Perekonomian Pemkab Pesisir Barat dan dihadiri langsung oleh Kepala OJK Provinsi Lampung,  Bambang Hermanto dan dipimpin oleh Plt. Asisten Bidang Administrasi Umum, Jon Edward dan diikuti oleh  Asisten bidang perekonomian dan pembangunan, Zukri Amin dan sejumlah perwakilan OPD terkait.

Asisten bidang perekonomian dan pembangunan, Zukri Amin, menyambut baik rakor tersebut, sebab TPAKD merupakan langkah percepatan akses keuangan di daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Tujuan kita adalah bagaimana menyusun strategi dan menjawab tantangan kita ke depan,” paparnya.

Sementara itu Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung Bambang Hermanto dalam rakor tersebut memaparkan mengenai arah strategis TPAKD, mulai dari penyusunan program kerja hingga rencana kedepan.

Salah satu misi dalam hal tersebut yakni memperkuat infrastruktur dan peningkatan titik akses keuangan di daerah. Kedua, memastikan keberlanjutan TPAKD untuk jangka panjang. Ketiga, memperkuat kapasitas anggota TPAKD dan peningkatan kinerja TPAKD. Keempat, mendukung pencapaian target literasi dan inklusi keuangan.

Bambang juga menyatakan, pihaknya menginginkan adanya peran dari daerah terkait dengan program inklusi dan literasi keuangan.

“Kalau kita lihat bahwa program yang terkait dengan inklusi keuangan menjadi bagian program nasional,” kata Bambang.

Dengan adanya penyelarasan upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan diharapkan dapat meningkatkan perlindungan masyarakat secara finansial.

Selain itu Bambang mengatakan jika peran pemerintah di sini sangat penting, pemerintah dituntut harus bisa hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memajukan perekonomian, khususnya masyarakat yang berada di desa.(Eva)

LIPSUS