Cari Berita

Breaking News

Sempat Tarik Ulur, Akhirnya PKS Berikan Dukungan ke Anies Baswedan

INILAMPUNG
Rabu, 01 Februari 2023


INILAMPUNG.COM, Jakarta - Akhirnya Anies Baswedan telah mengantongi dukungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai calon presiden. Dukungan resmi kepada Anies dari PKS disampaikan Wakil Ketua Majelis Syura Sohibul Iman di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Senin (30/1/2023) malam.


Dikutip dari Suara.com, Sohibul Iman mengungkapkan dua pesan penting dari Ketua Dewan Majelis Syuro PKS, Dr Salim Segaf.


"Pertama, PKS konsisten menjadi bagian partai koalisi pendukung Anies di Pilpres 2024 sehingga koalisi ini memenuhi presidential threshold 20 persen, dan PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris pada rapat Badan Majelis Syuro PKS yang akan diselenggarakan bersamaan dengan Rakernas pada 24 Februari 2023," jelasnya.


Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan akan ada percepatan deklarasi melihat dinamika politik yang ada sekembalinya Presiden PKS dan Ketua Dewan Majelis Syuro PKS, dr Salim Segaf dari Turki.


Sebelum PKS menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan, Partai Demokrat sudah lebih dulu menyampaikan dukungan resminya. Hal itu disampaikan Sekjen DPP Demokrat Teuku Riefky usai pertemuan dengan tim kecil dari Nasdem, Demokrat dan PKS di pendopo rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta, pada Jumat (27/1/2023).


"Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono telah menyampaikan posisinya secara terang-benderang terkait untuk mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024," jelas Teuku Riefky.


"Tentu harapan kami adalah bahwa tiga partai segera menandatangani dukungan untuk Pak Anies sebagai calon presiden, ya ini yang kami sedang terus dorong tentu juga kami yakin bahwa Nasdem dan PKS juga akan menyegerakan itu karena yang paling penting adalah Deklarasi yang 20 persen (koalisi perubahan)," lanjutnya.


Sebelumnya sempat terjadi tarik ulur terkait siapa calon pendamping atau bakal cawapres bagi Anies Baswedan. Partai NasDem yang sudah mengusung nama mantan gubernur DKI Jakarta sejak mula menyatakan soal penunjukan sosok cawapres diserahkan kepada Anies Baswedan.


Setelah Demokrat dan PKS awalnya sama-sama ngotot ingin mengajukan tokoh pilihan mereka, akhirnya Demokrat dan PKS akhirnya sepakat untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024.(dbs/inilampung)

LIPSUS