Cari Berita

Breaking News

8 Tips Penting Mudik dengan Pesawat yang Harus Anda Catat

INILAMPUNG
Selasa, 07 Maret 2023


INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Memasuki bulan Ramadan, umat muslim akan mempersiapkan diri untuk ibadah puasa selama sebulan penuh. Hal ini bertujuan agar ibadah bisa dilakukan dengan khusyuk. Selain persiapan tersebut, biasanya umat muslim juga mulai mencari tiket untuk mudik lebaran. Pemesanan tiket jauh sebelum musim lebaran akan lebih menguntungkan, apalagi bagi pemudik yang menggunakan pesawat. 


Pemesanan tiket pesawat jauh sebelum hari keberangkatan biasanya lebih murah. Selain itu, jumlah tiket yang tersedia juga masih banyak. Salah satu maskapai penerbangan yang banyak diincar di momen mudik adalah Super Air Jet. Maskapai ini memiliki cukup banyak jadwal penerbangan ke beberapa daerah di tanah air. Selain itu maskapai ini juga termasuk maskapai low cost carrier (LCC) alias harga tiketnya cukup terjangkau.


Jika Anda berencana untuk mudik dengan pesawat terbang, berikut ini ada beberapa tips aman dan nyaman mudik dengan menggunakan pesawat!


1. Berburu tiket dari jauh-jauh hari

Setiap memasuki musim mudik Lebaran Idul Fitri, permintaan tiket pesawat akan melonjak. Bahkan tidak jarang maskapai menambah penerbangan mereka untuk bisa musim Lebaran. Di samping itu, tiket pesawat juga lebih cepat habis. Agar tetap kebagian tiket, alangkah baiknya Anda melakukan pemesanan tiket jauh sebelum hari keberangkatan. 


Membeli tiket jauh-jauh hari tidak hanya sebatas mengamankan tiket. Tapi biasanya harga yang ditawarkan juga sedikit lebih murah. Apalagi jika maskapai atau aplikasi pemesanan tiket memberikan promo.


2. Persiapkan barang bawaan dengan teliti dan rapi

Saat akan berangkat mudik, banyak hal yang harus dipersiapkan. Selain persiapan fisik, mempersiapkan barang bawaan juga jadi poin utama. Bawalah barang secukupnya dan sesuaikan dengan berapa lama akan menetap di sana. Selain itu, saat mempersiapkan barang, Anda harus teliti, sehingga tidak ada barang lupa dibawa. Tidak lupa untuk merapikan semua barang yang akan dibawa mudik.


3. Bawa barang sesuai kebutuhan

Bepergian dengan pesawat tidak disarankan membawa barang bawaan dalam jumlah banyak. Selain berat, barang bawaan dalam jumlah banyak menyulitkan Anda untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kalau pun membawa barang dalam jumlah besar, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan. Bawalah barang yang benar-benar Anda butuhkan saat mudik. 


4. Berangkat lebih awal ke bandara

Saat momen mudik Lebaran, akan ada banyak orang yang mobilisasi keluar masuk bandara. Bukan tidak mungkin hal ini menyebabkan jalanan menjadi macet. Untuk menghindari macet dan keterlambatan pesawat, sebisa mungkin berangkat lebih awal ke bandara. Lebih menunggu dibandingkan terlambat. Berangkatlah sekitar 2-3 jam sebelum pesawat berangkat.


5. Check in online

Saat ini proses check in tidak harus bertemu langsung dengan petugas maskapai. Anda bisa melakukan check in secara online. Hal ini sangat memudahkan dan lebih hemat waktu. Saat momen mudik Lebaran, check in online ini bisa Anda gunakan agar tidak menunggu terlalu lama saat check in manual. 


6. Pisahkan barang berharga

Banyak yang beranggapan bahwa menyimpan barang berharga dalam koper akan lebih aman. Padahal, keputusan ini justru membuat barang berharga Anda jadi tidak aman. Sebab, ada banyak kasus kehilangan barang berharga karena disimpan di dalam koper. Untuk menghindari hal ini, pisahkan barang berharga Anda dalam satu tas dan jangan dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Pastikan tas tersebut selalu berada dekat Anda.


7. Siapkan boarding pass dan KTP

Boarding pass merupakan syarat utama untuk masuk pesawat. Dokumen ini dan KTP akan sering diminta saat Anda akan naik pesawat. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda adalah orang yang sesuai dengan nama yang ada di boarding pass tersebut. Karena dokumen ini sering ditunjukkan, lebih baik letakkan di tempat terpisah yang mudah dan nyaman untuk diambil.  


8. Perhatikan dan patuhi arahan awak kabin

Setiap keberangkatan pesawat terbang, awak kabin akan memberi arahan keselamatan selama di pesawat. Ini sudah menjadi standar operasional untuk semua pesawat terbang. Saat awak kabin memberikan arahan, jangan lupa untuk memperhatikan dan memahami apa yang mereka sampaikan. Walaupun sebagian dari Anda sudah banyak yang hapal isi dari arahan tersebut, menyimak informasi dari awak kabin akan memudahkan Anda untuk mengingat. 


Itulah beberapa tips aman dan nyaman yang bisa Anda terapkan saat mudik dengan pesawat terbang. Selain tips di atas, sebelum berangkat mudik, pastikan tubuh dalam kondisi yang fit. Selain itu, saat sahur jangan lupa konsumsi makanan yang bernutrisi. Hal ini bertujuan agar Anda mempunyai tenaga yang cukup dari awal keberangkatan hingga sampai ke tempat tujuan.


Di samping itu, satu hal yang tidak kalah penting adalah saat berangkat mudik pastikan rumah dalam keadaan terkunci dan aman. Jangan ragu untuk melakukan pengecekan secara berulang untuk memastikan rumah ditinggal dalam keadaan aman.(zal/inilampung)

LIPSUS