Cari Berita

Breaking News

Jelang Ramadan, Dinas Perindag Lamtim Pantau Harga Bahan Pokok

Rabu, 22 Maret 2023



INILAMPUNG.COM, Lampung Timur–Menjelang Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lampung Timur (Lamtim) terus melakukan pengawasan terhadap harga dan stok bahan pokok di sembilan pasar daerah.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Lamtim Verzanita Hasan menjelaskan pengawasan tersebut dilakukan bukan hanya menjelang ramadan atau idul fitri.

"Kami lakukan setiap hari, karena hasil pantauan tersebut harus dilaporkan setiap hari di aplikasi SP2KP ( Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok) yang di miliki oleh Kementrian Perdagangan," ujar Verzanita didampingi Kabid Perdagangan Ariesta. Rabu (22/3/2023)

Verzanita melanjutkan, dari hasil pantauan harga menjelang Ramadan di pasar daerah terdapat kenaikan tetapi tetap terkendali dan stock aman tercukupi.

"Ada beberapa kenaikan harga kebutuhan pokok namun masih cukup terkendali dan kami akan terus melakukan pantauan," lanjutnya.

Verzanita menambahkan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga telah melakukan upaya penstabilan harga bahan pokok melalui operasi pasar beras murah SPHP di 24 kecamatan di Kabupaten Lamtim yang bekerja sama dengan Perum BULOG.

Verzanita juga mengatakan, rencananya di bulan suci ramadan Pemkab Lamtim juga akan melaksanakan operasi pasar murah di beberapa kecamatan yang ada di Lampung Timur dan bekerja sama dengan Bulog, PPN telur Lampung Timur dan beberapa vendor lainnya.

"Pemda melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan meminta vendor bekerja sama dengan Pemda Lamtim untuk dapat menyediakan bahan pokok yang lebih murah dari pasaran sehingga dapat membantu masyarakat Lampung Timur," kata Verzanita. (AF)

LIPSUS