Cari Berita

Breaking News

Kantor Bahasa Gelar Bengkel Prosa SMA/SMK se-Kota Metro

Rabu, 15 Maret 2023



INILAMPUNG, METRO --Kantor Bahasa Provinsi Lampung (KBPL) menggelar Bengkel Prosa: Penulisan Cerita Pendek bagi siswa/siswi SMA-SMK se-Kota Metro, 13-14 Maret 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Idea Grande Metro ini terlaksana berkat kerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, khususnya Kacabdin. Wilayah V Kota Metro dan Lampung Timur.

Kegiatan dibuka Suparni HD., M.Pd. ketua MKKS SMA Kota Metro mewakili Kacabdin Wil. V,  Indarti, S.Sos. 

Kepala KBPL, Desi Ari Pressanti, S.S., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan dilakukan untuk mengembangkan budaya literasi pada siswa SMA/SMK di Kota Metro dengan meningkatkan pemahaman siswa dalam dunia kepenulisan, khususnya cerita pendek. 

Ditambahkannya, luaran kegiatan ini untuk menghasilkan buku digital cerpen antologi yang bermutu dari hasil karya siswa SMA/SMK Kota Metro yang nantinya akan diunggah di laman KBPL sehingga masyarakat dapat mengakses dan menikmati cerpen-cerpen tersebut.


            Solihin dan Isbedy Stiawan ZS

Proses penerbitan cerpen sebelum menjadi sebuah buku dilalui dengan beberapa tahapan. Mulai dari reka ulang cerpen selama bengkel prosa berlangsung, selanjutnya cerpen tersebut diulas dan disunting oleh pemateri hingga standar kelayakan sebuah buku cerpen antologi  yang bermutu dapat terpenuhi. 

Bengkel Prosa ini dipandu oleh 3 narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya, yaitu Kepala KBPL Dessi Ari Pressanti, S.S., M. Hum, yang memberi wawasan dan pandangan baru kepada peserta tentang Kebijakan Bahasa dan Sastra Indonesia. Selanjutnya Paus Sastra Lampung, Isbedy Stiawan ZS. yang membiaskan kiat-kiat dan praktis tentang proses penulisan kreatif. 

Sementara itu, pegiat sastra dari Dewan Kesenian Metro Lampung (DKM), Solihin, M.Pd. atau sering dikenal dengan nama  Solihin Utjok juga mencerahkan perspektif peserta tentang pengendapan, pembacaan ulang, hingga penyuntingan naskah yang menjadi proses penting yang harus dilalui seorang penulis bermutu. 

Kegiatan bengkel prosa berlangsung selama dua hari,  Senin--Selasa 13--14 Maret 2023 dan berlokasi di aula Bringin Room, Hotel Idea Grande, Metro Lampung. 

Ketua panitia, Ramlan Andi menyatakan bahwa bengkel prosa ini diikuti oleh 30 siswa SMA/SMK yang tersebar di kota Metro. Senyampang menyiapkan teknis kegiatan, Ramlan juga menaruh harapan besar bahwa kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar dan hasil karya peserta dapat dinikmati oleh warga internet media sosial secara umum, dan  warganet laman Kantor Bahasa Provinsi Lampung secara khusus. 

Tidak lupa, Ramlan juga menitipkan ucapan terima kasih kepada rekan-rekannya yang terlibat dalam kepanitiaan. Dari sisi pengadministrasian, ia dibantu oleh Maryamah, seorang staf mumpuni di bagian persuratan, juga Sudiansyah yang dengan ketawadhuannya memimpin pembacaan doa saat pembukaan hingga akhirnya kegiatan dapat berlangsung dengan lancar dan sukses.(rls/bdy/inilampung)

LIPSUS