Cari Berita

Breaking News

Pertama di Lampung, Pringsewu Terapkan Aplikasi Srikandi

INILAMPUNG
Rabu, 01 Maret 2023

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah melaunching program aplikasi Srikandi Kabupaten Pringsewu.

INILAMPUNG, Pringsewu -- Pertama di Provinsi Lampung, Kabupaten Pringsewu memiliki Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) untuk mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Aplikasi yang digagas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu itu, diresmikan Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah pada pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di lingkungan pemkab setempat, Rabu (1/3/2023).

Sebelumnya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pringsewu Yanwi HK menjelaskan, Aplikasi Srikandi merupakan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis yang merupakan kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementrian Pan-RB, Kementrian Kominfo dan BSSN.

Tujuan penerapan aplikasi itu, mendukung terselenggaranya sistem pemerintahan berbasis elektronik dan aplikasi umum dinamis secara baik. Sehingga terwujud tata kelola pemerintahan bersih dan efektif.

Hasil yang akan dicapai, kata dia, terlaksananya penerapan SPBE dan digitalisasi arsip di Kabupaten Pringsewu. Terwujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan transparan melalui pengelolaan arsip yang autentik dan terpercaya, imbuh Yanwir HK.

Adi Erlansyah mengharapkan, penerapan aplikasi Srikandi dapat mewujudkan suatu sistem persuratan/kearsipan yang profesional dengan memanfaatan sistem digital tanpa terbatas jarak dan waktu.

"Dimanapun dan kapanpun proses administrasi dapat dilakukan sehingga dapat terekam dengan baik serta menjadi bukti akuntabilitas kinerja. Juga, meningkatkan penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sekaligus penilaian Pengawasan Kearsipan Eksternal di Kabupaten Pringsewu," harapnya.

Menurutnya, kunci keberhasilan penerapan aplikasi Srikandi terletak pada peran seluruh perangkat daerah. Pada akhirnya, aplikasi itu bermanfaat dan terintegrasi dengan baik untuk pelayanan kearsipan baik internal maupun eksternal Pemerintah Kabupaten Pringsewu pada masa yang akan datang, katanya.

Di tempat yang sama, Dwi Muldasi (Arsiparis Ahli Utama ANRI) mengapresiasi peresmian Aplikasi Srikandi. Sehingga, terlaksana pengelolaan arsip dinamis sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tampak hadir, Plt Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ratna Dewi, para asisten, kepala OPD dan kepala bagian Setdakab Pringsewu. (tyo/inilampung.com)

LIPSUS