Cari Berita

Breaking News

Dito Ariotedjo, Mantan Ketua AMPI Didapuk Joko Widodo Sebagai Menpora

INILAMPUNG
Senin, 03 April 2023
Views

 


Menpora baru, Dito Bimo Nandito Ariotedjo (TEMPO)


INILAMPUNGCOM -- Dito Ariotedjo akhirnya menjabat Menteri Olahraga setelah  Presiden RI Joko Widodo melantiknya di Istana Negara, Senin (3/4/2023).


Dito didapuk menggantikan Menpora sebelumnya, yakni Zainuddin Amali yang  mengundurkan diri setelah terpilih jadi Wakil Ketua Umum PSSI I.


Dito bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu jadi menteri termuda saat ini di Kabinet Presiden Joko Widodo. Dito kelahiran 25 September 1990, kini berusia 32 tahun.


Layaknya anak muda pada umumnnya, Dito terlihat rileks saat datang ke Istana. Dia bahkan menggendong putrinya, Sadia, dan didamping istri Niena Kirana Riskyana.


Dito adalah Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang beafiliansi ke Partai Golkar. Ia pernah menjadi Ketua Panitia Hari Ulang Tahun Golkar ke-58 pada tahun 2022 lalu.



Laki-laki kelahiran Jakarta, 25 September 1990 ini adalah pengusaha yang pada 2021 bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk RANS Sport. Kini, Dito mengaku akan mundur di RANS Sport seteah menjadi menteri.


Di bidang olahraga, Dito pernah pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta. Sejak April 2022, Dito masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. 


Sebelum jadi orang kepercayaan Airlangga, Dito merupakan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2016-2021.


Dalam bidang olahraga, Dito sempat menjadi pemimpin kontingan Indonesia di Olimpiade Remaja pada 2018. Ia ditunjuk oleh Komite Olimpiade Indonesia (NOC) atas persetujuan Menpora untuk menjadi CdM Youth Olympic Games di Argentina pada 2018.


Untuk menyalurkan hobinya dalam bidang olahraga, Dito bersama beberapa kolega bisnisnya mendirikan RANS Prestige Sportstainment di kawasan Pantai Indah Kapuk (Kapuk), Jakarta Utara.


Perusahaan ini yang membidangi Rans Nusantara FC (klub sepak bola) dan Rans PIK (klub basket). Meski terbilang baru di olahraga sepak bola dan basket, minatnya terbilang serius. (**)


LIPSUS