Cari Berita

Breaking News

Gebyar Ramadhan: PPTQ Dewan Dakwah Lampung Gelar Olimpiade Quran

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Minggu, 09 April 2023

Final Olimpiade Quran tingkat SD/MI yang digelar Pondok pesantren Tahfidz Al-Qur'an Dewan Dawah Lampung.

INILAMPUNG.com, Bandarlampung -- Pondok pesantren Tahfidz Al-Qur'an Dewan Da'wah Lampung mengadakan Olimpiade Quran tingkat SD/MI se-Provinsi Lampung di Masjid PPTQ Dewan Dakwah Lampung di Kemiling Bandarlampung.

Seleksi peserta lomba dilakukan secara online pada awal Ramadan 2023. Ratusan peserta dari 50 sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah se-Provinsi Lampung mengikuti kegiatan itu. Final olimpiade digelar pada Ahad 9 April 2023.
 
Dalam sambutannya, Pimpinan PPTQ Kemiling Ustad S. Syukron, mengatakan final Olimpiade Quran menjadi salah satu kegiatan anak-anak menjadi dai sejak dini dengan berbagai persiapan yang membuat mereka dekat dengan Alquran.

Olimpiade Quran ini adalah pertama dilaksanakan. Hal ini menjadi momen bagi anak-anak untuk menumbuhkan kecintaan dan interaksi dekat dengan Al Qur'an. "Insya Allah anak-anak yang memasuki babak final dan ingin bergabung dengan PPTQ Dewan Dakwah Lampung Kemiling ada bonus spesial berupa keringanan biaya," katanya.

Menurut Ketua Dewan Dakwah Lampung, Mukhlis Sholihin kegiatan itu berlangsung dalam nuansa silaturahmi dengan Dewan Dakwah. "Bukan persaingan, melainkan latihan anak - anak kita mengamalkan ilmunya," katanya.

Penjurian pun dimulai dengan pengarahan dan penampilan masing-masing peserta. Peserta yang lolos final berjumlah 10 anak setiap cabang perlombaan.

Menurut salah satu orang tua peserta, Pandarlisman dari Pesisir Barat mengatakan anak-anak lebih termotivasi mengikuti kegiatan ini, walaupun sedang berpuasa tetap latihan bahkan menangis ketika kita larang.

"Saya bersyukur anak-anak semangat mencintai Alquran, walaupun sedang kurang fit tetap ingin mengikuti Olimpiade Quran," kata Pandarlisman.

Berikut para pemenang lomba yang memperoleh hadiah piala, sertfikat dan dana pembinaan dan beasiswa.

1. Lomba Dai Cilik
Juara 1 M. Brayan Leonal Al Farez
Juara 2 Zidan Fatih Rahman
Juara 3 Hisyam Hasan Qoid

2. Lomba Tartil Qur'an
Juara 1 Yuri Dzaky Alghifari
Juara 2 Khalid Fattah Haryonegoro
Juara 3 M. Azka Akromul Ibad

3. Lomba Hifzil Qur'an
Juara 1 Ahmad Mubarok
Juara 2 Muhammad Raffi Ramadhan
Juara 3 Rafif Apansi. (mfn/rls)

LIPSUS