Cari Berita

Breaking News

PPP Umumkan Nama Capres Hari ini, KIB Terancam

INILAMPUNG
Rabu, 26 April 2023
Views

Muhammad Mardiono (ist)

INILAMPUNGCOM -- Soal Calon Presiden di Pemilu 2024. PPP, hari ini menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan akan mengumumkan nama calon Presiden di Solo, Jawa Tengah.


Rapimnas digelar di kediaman Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono di Pakem, Sleman, Selasa (25/4/2023). Mardiono menyebut pihaknya bakal mengumumkan nama capres Rabu (26/4) hari ini.


Sebagai informasi, PPP saat ini masih tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN dan Golkar. Sejauh ini, KIB belum mengumumkan dukungannya terhadap capres tertentu.


Namun, sinyal kuat diberikan PPP untuk capres yang diusung PDIP Ganjar Pranowo. Di antaranya menyinggung soal suara akar rumput yang mendukung Ganjar hingga menyinggung duet Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Hamzah Haz pada Pemilu 1999 silam.


"Tentu PPP berharap karena dulu PPP pernah diberi amanat itu. Ketika dulu Ketum Pak Hamzah Haz dipercaya oleh rakyat bersama dengan Ibu Megawati Ketum PDIP bersama-sama memimpin bangsa ini," kata ketua DPPp PPP, Mardiono, Selasa.


Mardiono mengaku tak ada pembahasan soal KIB dalam rapat internal PPP ini. Menurutnya, tak ada masalah jika PPP mengumumkan capresnya besok. Sebab, KIB belum mengumumkan capres definitif yang bakal diusung.


Mardiono berpendapat koalisi yang terbentuk dalam KIB merupakan kerja sama dalam satu keputusan politik maupun gagasan. Bukan hal yang mengikat atau memengaruhi internal partai masing-masing. Dia menyebut belum tentu ada perbedaan dukungan capres di KIB.


"Tapi ya belum ada perbedaan, kan belum mengumumkan. Saya baru mengumumkan besok atas permintaan dari arus bawah. Kemudian PAN juga belum mengumumkan, Pak Airlangga (Golkar) juga belum mengumumkan selama satu tahun ini kita koalisi," ujarnya


"Jadi ya saya pikir nggak ada masalah. Toh keputusan ini diperuntukkan untuk yang terbaik untuk pembangunan bangsa dan negara," sambung Mardiono.


Terlepas dari itu, Mardiono berpendapat pengumuman Ganjar sebagai capres merupakan langkah positif. Terlebih saat ini ada dua nama capres yang diumumkan, termasuk Anies Baswedan. Sisa waktu jelang Pilpres 2024 pun dinilai cukup bagi masyarakat untuk menimbang capres yang dinilai layak memimpin Indonesia. (*)


detik

LIPSUS