Cari Berita

Breaking News

Bencana Puting Beliung Terjang Ratusan Rumah di Lampung Timur, BPBD Ini Masih Data Sementara

Minggu, 28 Mei 2023

Salah Satu bangunan milik warga Desa Rukti Sedyo, Kecamatan Raman Utara yang terdampak Puting Beliung


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur–Hujan Deras disertai Angin Puting Beliung terjadi di Lampung Timur pada Sabtu malam 27 Mei 2023.

Bencana Angin Puting Beliung tersebut mengakibatkan ratusan rumah dibeberapa wilayah di Lampung Timur mengalami kerusakan.

"Bersadarkan data sementara ada 153 di Desa Rukti Sedyo Kecamatan Raman Utara mengalami Kerusakan," ujar  Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lampung Timur Taufik Hidayat. Minggu (28/5/2023)

Taufik melanjutkan, selain rumah yang mengalami kerusakan, ada fasilitas umum juga seperti mushola di Desa Ratna Daya, robohnya tower wifi di Kecamatan Raman Utara.

"Selain itu rusaknya atap Balai Desa Rukti Sedyo, Robohnya pagar Lapangan Voly ball di Desa Rukti Sedyo dan beberapa pohon tumbang yang menutupi akses jalan umum," kata Taufik.

Sedangkan untuk Kecamatan Purbolinggo ada 22 bangunan yang mengalami kerusakan, dua kandang ayam dan satu Kandang sapi.

"Untuk Bangunan rumah ada 19 rumah mengalami kerusakan, Kandang ayam kerugian 25 juta, kandang sapi kerugian 10 kita dan Kandang Ayam kerugian senilai 40 juta," lanjutnya.

Taufik juga mengatakan saat ini Tim BPBD melalui anggota Pusdalops dan Satgas Penanggulangan bencana telah melakukan evakuasi kejadian dan melakukan pemotongan serta membersihkan pohon tumbang yang menimpa rumah warga.

"Saat ini tim satgas penanggulangan bencana di bantu oleh warga setempat telah melakukan upaya pembersihan sisa-sisa dari bencana puting beliung, untuk data selanjutnya akan segera di sampaikan secepatnya," kata Taufik.

Berikut jumlah yang rusak di Desa Rukti Sedyo Kecamatan Raman Utara :

41 Rumah Rusak Berat, 47 Rumah Rusak Sedang dan 65 Rumah Rusak Ringan.

Sedangkan untuk Kecamatan Purbolinggo ada 22 Bangunan, 19 rumah dan dua tempat usaha dan satu Kandang Sapi. (AF)

LIPSUS