Cari Berita

Breaking News

Dawam Lepas 388 Jamaah Calon Haji Lampung Timur Berangkat ke Tanah Suci Mekah

Minggu, 28 Mei 2023


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur—Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo melepas keberangkatan 388 Jamaah Calon Haji yabg tergabung dalam kolter 17 Kabupaten Lampung Timur, di Aula islamic Sukadana, Minggu (28/5/2023)

Hadir mendampingi Dawam Rahardjo, Wakil Bupati Lampung Timur, Azwar Hadi, Forkopimda, Para Anggota DPRD Lampung Timur, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Inspektur, Para Kepala OPD, Kepala Bagian serta Kepala Kementrian Agama Kabupaten Lampung Timur.

Bupati Dawam menyampaikan kepada seluruh Jamaah Calon Haji agar menjaga kesehatan karena perbedaan cuaca di Arab Saudi.

"Saya harap para jamaah calon haji tidak banyak melakukan aktivitas di luar ibadah wajib sehingga tidak banyak tenaga yang terkuras, sehingga para calon jama’ah dapat menjaga kesehatan agar tetap bugar karena cuaca di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Indonesia yang sewaktu-waktu bisa berubah dengan drastis," ujar Dawam.

Selanjutnya Dawam juga berpesan agar jamaah haji dapat menggunakan kesempatan ini untuk dapat meningkatkan amal ibadah di Tanah Suci.

"Saya berpesan agar saudara-saudara dapat meningkatkan amal ibadah untuk meraih pahala sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya karena beribadah di tanah suci Mekkah lebih besar pahalanya dan lebih makbul do’anya dibandingkan beribadah dan berdoa di tempat-tempat lain," lanjutnya.

Dawam juga mengatakan dalam pelaksanaan ibadah haji nanti para jamaah harus dapat membawa diri baik dalam beribadah maupun berinteraksi dengan lingkungan di sana.

"Selain sebagai jamaah haji saudara sekalian merupakan duta bangsa dan duta daerah yang tentunya akan membawa nama baik bangsa kita di mata bangsa-bangsa yang lain," kata Dawam.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Timur, Indra Jaya menyebutkan, 388 jamaah calonhaji Kabupaten Lampung Timur, merupakan tahap pertama.

"Tahap pertama ini, sebanyak 388 jamaah dan lima petugas, dengan urutan kloter ke-17," ujarnya.

Indrajaya melanjutkan, untuk sisanya, akan diberangkatkan pada pekan depan. "Untuk tahap selanjutnya, yaitu Kloter ke 32, akan kita berangkatkan pada Sabtu (3/6/2023) mendatang," lanjutnya.

Selain itu, dia juga mengatakan, jumlah jamaah calon haji yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji, sebanyak 771 jamaah. "Jamaah haji yang telah melunasi dan siap jalan sebanyak 771 jamaah, untuk Kabupaten Lampung Timur," katanya.

Indrajaya juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang telah mengalokasi dana sebesar 4,8 Miliar untuk OTD pemberangkatan jamaah haji Kabupaten Lampung Timur.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak bupati, yang telah mengalokasikan dana Ongkos Transit Daerah (OTD) sebesar 4,8 Milyar untuk pemberangkatan jamaah haji Lampung Timur," tutupnya. (AF) 

LIPSUS