Cari Berita

Breaking News

Hardiknas, Pemkab Pringsewu Beri Bingkisan Pensiunan Guru

INILAMPUNG
Selasa, 02 Mei 2023

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah secara simbolis menyerahkan bingkisan kepada sejumlah pensiunan guru.

INILAMPUNG, Pringsewu -- Peringatan Hari Pendidikan (Hardiknas), Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan bantuan alat pembelajaran dan bingkisan kepada sejumlah pensiunan guru.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Adi Erlansyah pada upacara Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah di lapangan pemkab setempat, Selasa 2 Mei 2023.

Selain itu, Adi Erlansyah didampingi Sekdakab Heri Iswahyudi, serta forkopimda juga melakukan pengundian lima hadiah umrah dari Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Jejama Secancanan.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Pringsewu menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim. Nadiem mengklaim selama tiga tahun terakhir terjadi perubahan besar di bidang pendidikan di Indonesia.

Menurut Nadiem, sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang diluncurkan membawa pendidikan di negeri ini semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara. Yakni pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Dikatakan, anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. "Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan," tuturnya.

Terkait peringatan 27 tahun Hari Otonomi Daerah, dikatakan,  tujuan Otonomi Daerah yaitu mendesentralisasikan sebagian kewenangan pemerintah pusat kepada daerah.

Hal itu untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan daerah dan memacu percepatan dan pemerataan pembangunan.

Pada bagian lain, Adi Erlansyah menambahkan, Kabupaten Pringsewu telah melaksanakan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Yaitu tentang pengendalian inflasi 2023 guna mendukung kebijakan pemerintah menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah.

Untuk itu, dia mengajak semua pihak mengembangkan potensi diri, berinovasi dan bersinergi, dengan mendukung program-program pembangunan yang telah disusun di berbagai bidang, baik program daerah maupun pusat. (tyo)

LIPSUS