Cari Berita

Breaking News

Bupati Dawam Lepas 386 Jamaah Calon Haji Lampung Timur

Sabtu, 03 Juni 2023


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur–Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo melepas 386 Jamaah Calon Haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang ( Kloter ) 32, di Aula Islamic Center, Sabtu (3/6/2023).

Hadir dalam pelepasan tersebut Wakil Bupati Azwar Hadi, Kapolres AKBP M Rizal Muchtar, Sekda Lamtim Moch Jusuf, Anggota DPRD Lamtim, Plt Kadis Kesehatan dr Satya Purna Nugraha.

Bupati Dawam Rahardjo berpesan kepada para Jamaah Calon Haji dari Lampung Timur harus mampu mengendalikan diri dan sabar dalam menghadapi berbagai macam cobaan, baik di dalam perjalanan menuju Tanah Suci Mekah, maupun selama dalam pemondokan atau maktab.

"Ibadah Haji diikuti oleh jutaan orang, dalam waktu dan ditempat yang sama, dengan jama'ah dari berbagai penjuru dunia, yang memiliki latar belakang budaya berbeda. Jadi harus sabar dan mampu mengendalikan diri dengan baik," ujar Dawam.

Dawam juga mengatakan, Jamaah Calon Haji Kabupaten Lampung Timur, agar selalu disiplin, sebab kemampuan fisik yang kuat, tanpa disiplin tidak ada artinya, begitupun sebaliknya.

"Patuhilah petunjuk dan arahan yang telah disampaikan, baik itu oleh ketua kloter, ketua rombongan atau ketua regu, maupun pembimbing yang ditetapkan oleh pemerintah," lanjut Dawam.

Dawam melanjutkan, untuk Jamaah Calon Haji agar selalu menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya agar tetap bugar, sehingga dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah Haji sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

"Cuaca di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Indonesia, yang sewaktu-waktu bisa berubah dengan drastis. Pergunakan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya dan periksakan kesehatan kepada tim medis yang ada," lanjutnya.

Dawam berharap, agar para Jama'ah Calon Haji tidak banyak melakukan aktivitas diluar ibadah wajib, sehingga tidak banyak tenaga yang terkuras.

"Agar dapat membawa diri, baik dalam beribadah maupun berinteraksi dengan lingkungan di sana. Sebab selain sebagai Jamaah Haji, saudara sekalian merupakan duta bangsa dan duta daerah, yang tentunya akan membawa nama baik bangsa kita, di mata bangsa-bangsa lain," kata Dawam.

Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Lampung Timur Indrajaya menjelaskan, keberangkatan 386 jamaah calon haji Kabupaten Lampung Timur, merupakan tahap kedua.

"Tahap kedua ini, sebanyak 386 jamaah dengan urutan kloter 32, dan tahap pertama sudah diberangkat minggu lalu sebanyak 388 jadi total 774 Jamaah," ujarnya.

Indrajaya juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang telah mengalokasi dana sebesar 4,8 Miliar untuk OTD pemberangkatan jamaah haji Kabupaten Lampung Timur.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak bupati, yang telah mengalokasikan dana Ongkos Transit Daerah (OTD) sebesar 4,8 Milyar untuk pemberangkatan jamaah haji Lampung Timur," tutupnya. (AF) 

LIPSUS