Cari Berita

Breaking News

Dawam Lepas 33 Orang Jamaah Calon Haji Lampung Timur Kloter 54

Selasa, 13 Juni 2023
Views


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur–Bupati Lampung Timur M Dawam Raharjo melepas 33 orang jamaah calon haji cadangan asal Kabupaten Lampung Timur yang tergabung dalam kelompok terbang ( kloter ) 54. 

Pelepasan berlangsung di masjid Islamic Center Sukadana, selasa (13/6/2023).

Bupati M Dawam Rahardjo mengatakan keberangkatan Jamaah Calon Haji merupakan bagian proses penantian yang panjang karena daftar tunggu sampai puluhan tahun.

"Bersyukur bapak ibu bisa berangkat tahun ini menjadi tamu Allah, dan disana harus menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah karena cuacanya berbeda dengan indonesia," ujar Dawam.

Dawam juga mengatakan Bupati Dawam Rahardjo berpesan kepada para Jamaah Calon Haji dari Lampung Timur harus mampu mengendalikan diri dan sabar dalam menghadapi berbagai macam cobaan, baik di dalam perjalanan menuju Tanah Suci Mekah, maupun selama dalam pemondokan atau maktab. 

"Ibadah Haji diikuti oleh jutaan orang, dalam waktu dan ditempat yang sama, dengan jama'ah dari berbagai penjuru dunia, yang memiliki latar belakang budaya berbeda. Jadi harus sabar dan mampu mengendalikan diri dengan baik," ujar Dawam. 

Dawam juga mengatakan, Jamaah Calon Haji Kabupaten Lampung Timur, agar selalu disiplin, sebab kemampuan fisik yang kuat, tanpa disiplin tidak ada artinya, begitupun sebaliknya. 

"Patuhilah petunjuk dan arahan yang telah disampaikan, baik itu oleh ketua kloter, ketua rombongan atau ketua regu, maupun pembimbing yang ditetapkan oleh pemerintah," lanjut Dawam.

Kepala Kemenag Lampung Timur Indrajaya menjelaskan keberangkatan jamaah calon haji Lampung Timur dibagi tiga tahap yaitu kloter 17 sebanyak 388 orang, tahap kedua kloter 32  ada 386 orang dan ini ada 33 orang yang tergabung dalam kloter cadangan.

Indrajaya juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang telah mengalokasi dana sebesar 4,8 Miliar untuk OTD pemberangkatan jamaah haji Kabupaten Lampung Timur. 

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak bupati, yang telah mengalokasikan dana Ongkos Transit Daerah (OTD) sebesar 4,8 Milyar untuk pemberangkatan jamaah haji Lampung Timur," tutupnya.  (AF)

LIPSUS