Cari Berita

Breaking News

Khutbah Hari Raya Idul Adha, Bupati Dawam Ajak Masyarakat Tauladani Sifat Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Kamis, 29 Juni 2023


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur–Hari Raya Idul Adha atau yang biasa disebut hari raya qurban, ketika Nabi Ibrahim AS bersedia mengorbankan putranya ismail sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah.

Hal itu disampaikan Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo saat menjadi Khatib pada Shalat Idul Adha dengan tema "Ahlakul Karimah si buah Hati" yang berlangsung di Masjid Al-Munawaroh, Dusun II, Gunung Terang I, Kecamatan Labuhan Ratu, kamis (29/6/2023).

"Sikap ketaqwaan dan keikhlasan nabi Ibrahim dan putranya Ismail dapat menjadi contoh bagi kita semua dalam melaksanakan qurban setiap hari raya idul adha," ujar Dawam.

Dawam melanjutkan, untuk memperingati kejadian tersebut maka dilakukanlah penyembelihan hewan qurban setiap tahun pada tanggal 10 Djulhijah.

"Semoga daging hewan qurban yang disembelih pada hari ini, dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Lampung Timur," tambahnya.


Dawam juga mengingatkan, pentingnya mendidik anak agar kelak menjadi anak yang sholeh dan patuh kepada perintah Allah dan menjauhi larangannya.

"Semoga kedepan anak-anak kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah, patut kepada orang tua dan taat dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya," tuturnya.

Dawam juga mengajak untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan dan memperbaikinya dengan perbuatan-perbuatan yang baik.

"Disisa umur kita ini mari kita lebih mendekatkan diri kepada Allah dan melaksakan amal sholeh yang sebanyak-banyaknya," ajak Dawam.

Diketahui pada hari raya idul adha 1444 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur juga membagikan 35 ekor hewan Qurban.

"Kami juga membagikan 20 ekor Hewan Qurban berupa sapi dan 15 ekor kambing yang tersebar di 24 kecamatan se Kabupaten Lampung Timur," kata Dawam. (AF)

LIPSUS