Cari Berita

Breaking News

Munas FOKAL IMM ke Samarinda Karena Wasiat Almarhum Armin Gultom

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Sabtu, 24 Juni 2023

Musyawarah Nasional (Munas) V Forum Keluarga Alumni IMM (dok/inilampung)

INILAMPUNGCOM -- Pilihan Kota Samarinda Kalimantan Timur sebagai tempat kegiatan Munas V FOKAL IMM, merupakan wasiat almarhum Armin Gultom.


Penjelasan itu disampaikan Ketua SC (Stearing Comite) Andi Nurpati, dalam silaturami dengan para pengurus FOKAL se Indonesia di kantor Gubernur Kalimatan Timur.


"Saya ingin menegaskan kembali soal kenapa Kota Samarinda menjadi tempat bersilaturahmi (MUNAS) Fokal. Yakni, karena amanah dari almarhum ketua kita, Armin Gultom (almarhum)," kata Andi Nurpati, memberi sambutan di forum silaturahmi, Sabtu (24/6/2023).


Andi Nurpati yang mantan Panwaslu Lampung dan KPU RI itu menceritakan, dua hari sebelum wafat, dia masih bertelponan dangan Armin Gultom, ketua alumni IMM yang wafat dibulan Maret lalu.


Bahkan, Munas V FOKAL telah menjadi diskusi panjang bersama dengan pimpinan nasional, dari mencari tempat kegiatan dan thematik untuk dijadikan pembahasan.


Almarhum Armin Gultom, bersemangat dan mengusulkan agar kegiatan Munas di Kota Samarinda. Sejak itulah, Andi Nurpati bersama pengurus lain melobi sana kemari menyakinkan agar acara tetap digelar.


Alasan lain kenapa meski di Samarinda, tentu banyak faktor. Misalnya, karena secara geografis alam Kalimantan Timur cukup menarik untuk destinasi wisata dan budaya.


Lalu sebaran politisi dan tokoh-tokoh IMM yang sekarang berjaya di kota itu. Nurpati menyebut  Walikota Samarinda adalah kader IMM. "Pak Andi Harun, walikota Samarinda salah satu kader IMM, sehingga forum Munas V pun setidaknya bisa menjadi ajang reuni antar generasi," kata Nurbati lagi.

Peserta Munas FOKAL dari Lampung (yusuf.inilampung)


Musyawarah Nasional Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Munas V Fokal IMM), adalah forum tertinggi organisasi yang berbasis Ormas Muhammadiyah.


Disitu akan dibahas program dan memilih ketua baru. Bahkan akan ada evaluasi program kerja  untuk lima tahun kedepan. "Momentum inilah perlunya kami berkumpul dan evaluasi," ujarnya.


Ketua Fokol IMM Lampung H.Suprapto dan Suwardi (Lampung Utara).


Sementara Koordiator Wilayah Fokal Lampung Suprapto berharap, Munas Fokal IMM hendaknya menjadi forum strategis untuk membahas isu-isu aktual dan strategis yang berdampak pada kehidupan masyarakat secara luas.


"Perlu sikap politik dari Fokal IMM di tahun politik. Terutama menyangkut partisipasi IMM pada pesta demokrasi Pemilu 2024." kata Suprapto yang merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN).


Pemilu 2024 harus menjadi komitmen para calon presiden, agar mereka yang nanti terpilih punya nilai yang terhadap keumatan, kebangsaan, dan pada persyarikatan.


Dia menambahkan, sudah saatnya alumni IMM terlibat dan berperan aktif dalam dinamika kebangsaan. Jangan hanya menjadi pengamat yang hanya menilai dan mengomentari.


IMM Lampung mendorong koordinator nasional (kornas) agar membuat jaringan atau networking untuk menempatkan kader-kader terbaiknya di jabatan publik dan politik.


“Ini sangat dibutuhkan untuk menguatkan kerja sama organisasi, menambah wawasan, serta meningkatkan pengetahuan,” Suprapto menegaskan.


FOKAL IMM Lampung
Dari Lampung, mengirim 20 kader Fokal. Terdiri dari 15 ketua Fokal Kabupaten/Kota, termasuk hadirnya sejumah senior IMM.

Menyinggung soal calon formatur, FOKAL IMM Lampung berharap, agar berlangsung demokratis, memenuhi unsur keterwakilan masing-masing wilayah (*)

LIPSUS