Cari Berita

Breaking News

Peselancar Australia dan Jepang Juara Krui Pro QS 5000 - 2023

INILAMPUNG
Minggu, 18 Juni 2023



INILAMPUNG, Pesisir Barat -- Peselancar atau sufer dari Australia dan Jepang menjuarai World Surf League (WSL) Krui Pro QS 5000 Tahun 2023 yang berlangsung di Pantai Karang Nyimbor Pekon Tanjungsetia Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar).

Morgan Cibilic surfer asal Australia meraih juara pertama Krui Pro QS 5000 kelas Men's dengan meraih 14,83 poin, mengalahkan rekan senegaranya Kyuss King yang hanya meraih 9,03 poin

Untuk kelas women's, Anon Matsuoka dari Jepang keluar sebagai juara pertama dengan 13,40 poin mengalahkan Janire Gonzalez Etxabarri surfer asal Negeri Basque dengan raihan 13,17 poin

Sementara untuk kelas Junior Men's, Bronson Meydi berhasil keluar sebagai juara pertama dengan 9,83 poin. Mengalahkan tiga kompetitor, Westen Hirst asal Indonesia yang mengumpulkan 8,26 poin, I Made Ariyana asal Indonesia yang meraih 8,20 poin, dan Monnojo Yahagi asal Jepang yang meraih 7,00 poin.

Sedangkan Kana Nakashio peselancar asal Jepang keluar sebagai juara pertama junior wanita dengan 12,90 poin, dan mengalahkan tiga peserta lainnya antara Anon Matsuoka peselancar asal Jepang yang meraih 12,57 poin, Cocona Kawase asal Jepang meraih 8,30 poin, dan Jasmine Studer asal Indonesia meraih 6,90 poin.

Perhelatan yang berlangsung sepekan itu, berakhir dan ditutup Bupati Pesibar, Agus Istiqlal, pada Ahad 18 Juni 2023. Dihadiri Wakil Bupati A. Zulqoini Syarif, Kapolres Pesibar, AKBP. Alsyahendra, Staf Ahli Kasau Bidang Kemaritiman, M. Frans, Dandim 0422/Lampung Barat (Lambar), Sekjen Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Tipi Jabrik, perwakilan WSL, perwakilan asiasurf.co, pada sejumlah pejabat setempat.





Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal dengan para juara World Surf League (WSL) Krui Pro QS 5000 Tahun 2023.

Dalam sambutan penutupan, Agus Istiqlal mengatakan kejuaraan WSL Krui Pro QS 5000 pada 2023 diikuti 293 atlet dari 14 negara. Dia pun mengucapkan selamat kepada para jura. Semntara bagi surfer yang belum berhasil mendapatkan gelar juara pada event kali ini, untuk tetap semangat dan dapat mengikuti even mendatang.

Selanjutnya, dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja maksimal menyelenggarakan event tersebut. "Saya meminta untuk segera melakukan evaluasi secara menyeluruh apabila terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan event ini sebagai bagian dari materi perbaikan untuk penyelenggaraan event di tahun-tahun mendatang," pintanya.

Inisiator WSL Krui Pro tersebut menilai pelaksanaan lomba selancar bertaraf internasional selama sepekan terakhir tersebut berjalan dengan sangat sukses "Sukses dalam artian kesiapan dan pelaksanaan penyelenggaraan acara, juga sukses dalam pelaksanaan rangkaian acara pendukungnya," jelas Agus.

Kendati begitu, Agus juga tak menampik adanya beberapa kekurangan yang perlu mendapatkan perhatian lebih dari segenap panitia. "Karenanya saya mengucapkan permintaan maaf apabila ada kekurangan yang dirasakan oleh para atlet, tamu undangan, dan juga wisatawan yang sengaja hadir menyaksikan event ini," sambungnya.

Menurut dia, Krui Pro harus menjadi perhatian bersama karena dapat menjadi upaya pemulihan pariwisata daerah maupun nasional. "Penting untuk digaris bawahi bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen Pemkab Pesibar mensejahterakan masyarakat Pesibar demi terwujudnya Pesibar yang amanah, maju dan sejahtera," tegasnya.

Masih kata Bupati, seluruh pihak yang terlibat dalam gelaran tersebut, serta pengunjung yang datang mendapatkan kesan dan pesan yang baik. "Semoga kita bisa bertemu kembali tahun depan, dikejuaraan Krui Pro 2024 mendatang. Mohon doa dan dukungan dari seluruh pihak, agar Pesibar dapat menjadi ikon selancar ombak dunia," harapnya

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih khusus kepada segenap panitia, baik dari internal Pemkab Pesibar maupun dari seluruh elemen forkopimda serta dari PSOI atas seluruh kerja keras, dan dedikasi, serta keikhlasannya selama pelaksanaan WSL Krui Pro QS 5000 Tahun 2023. "Terima kasih kepada seluruh masyarakat Pesibar atas kehangatan dan keramahtamahan kepada seluruh tamu- tamu yang hadir selama penyelenggaraan event Krui Pro," katanya.  (Eva)

LIPSUS