Cari Berita

Breaking News

ILS dan RSUD Ahmad Yani Metro Sosialisasi Aplikasi Laportbc.id

INILAMPUNG
Sabtu, 29 Juli 2023

 Inisiatif Lampung Sehat, RSUD Ahmad Yani Kota Metro dan Sobat Sehat Lampung Sosialisasi Community Bases Monitoring Feedback (ist/inilampung)

INILAMPUNG.COM, Metro - Inisiatif Lampung Sehat bersama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Yani Kota Metro serta Sobat Sehat Lampung gelar sosialisasi community bases monitoring feedback (CBMF), manfaatkan Laportbc.id sebagai kanal aduan pasien TBC di ruang RSUD Ahmad Yani, sabtu 29 Juli 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran RSUD Ahmad Aani Metro, anggota Inisiatif Lampung Sehat, serta pasien TBC-RO.

Ardiansyah pemateri dari ketua Sobat Sehat Lampung menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan agar para pasien TBC bisa lebih muda mengakses informasi terkait aduan melalui Laportbc.id. Yakni aplikasi berbasis website yang bertujuan sebagai media kampanye “ketahui hakmu” bagi para pasien dan penyintas TBC. Kemudian komunitas dapat mengakses pengetahuan seputar TBC, dan mendorong perubahan ke arah yang lebih baik atas situasi yang dialaminya dengan mengangkat sebuah aduan, serta sebagai umpan balik dari pasien.

"Saat ini laportbc.id meneria 4 jenis aduan yaitu keluhan terhadap layanan, keluhan terhadap enabler, konseling bagi pasien TBC RO, dan Stigma dan diskriminasi," tambahnya.

Ns Nurdianto S Kep, pemengang program TBC-RO RSUD Ahmad Yani Kota Metro mengatakan bahwa pengobatan TBC resisten obat itu memerlukan pengawasan dan pemantauan efek samping obat. Efek samping obat harus diberikan penahanan dengan cepat untuk mencegah drop out pasien.

"Selain pengawasan diperlukan tindak lanjut dari pada keluhan-keluhan pasien dari efek samping obat itu jadi begitu pasien ada keluhan kita tidak boleh didiamkan kita harus gerak cepat untuk penanganan efek samping obat," jelasnya.(rls/inilampung)

LIPSUS