Cari Berita

Breaking News

Kaukus Perempuan Politik Lampung Menagih Komitmen Ketua Parpol Soal Caleg

INILAMPUNG
Rabu, 05 Juli 2023
Views

INILAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG -- Nomor urut calon anggota DPRD -- kini sudah masuk KPUD -- menjadi harapan politisi di Lampung.

Sekertaris Kaukus Perempuan Politik Lampung, Nenden Tresnanursari, mendesak kepada para pimpinan partai di Lampung agar menempatkan kader perempuan potensial di nomor urut satu.

"Kami berharap, bahkan meminta komintmen Parpol agar nomor urut pertama diisi oleh kader perempuan," kata Nenden Tresnanursari di kantor DPD Golkar Lampung, Rabu (5/7).

Menurut Nenden yang kader PKS itu, proses Pemilu 2024 sudah masuk tahapan usulan nama.

UU No. 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu juga mengatur agar komposisi penyelenggara Pemilu memperhatikan keterwakilan perempuan minimal 30%.

Oleh karena itu, para pimpinan Parpol, untuk tidak ada lagi keraguan menempatkan aktivis perempuan potensialnya pada nomor satu disetiap daerah pemilihan. 

"Jangan sampai keberadaan perempuan hanya alat, untuk kelengkapan formalitas di KPUD," kata Nenden menegaskan.

Bersilaturahmi ke DPD Golkar
Kaukus Perempuan Politik ( Kaukus Perempuan Politik) Lampung bersilaruahmi dengan pimpinan Golkar Lampung, Rabu (5/7/2023).

Kunjungan KPPL dipimpin Sekertarisnya Nenden Tresnanursari, dengan beberapa pengurus lain. Sementara Golkar (tuan rumah), hadir Sekretaris Ismet Roni, Ali Imron (wakil ketua), Benson Wertha (SOKSI), dan Muhammad Muhidin (wakil sekertaris).

Dalam pertemuan penuh canda
itu, Nenden menyampaian beberapa poin tentang hasil Rapimnas KPP, untuk disosialisasi ke daerah.
Salah satu point yang menarik adalah soal koata 30 persen, dalam penempatan perempuan dalam daftar calon anggota DPRD. "KPPL berharap agar kuota perempuan di DPRD menjadi perhatian dan semangat yang diperjuangan oleh pimpinan partai," kata Nenden, politisi PKS Lampung itu.

Menurut Nenden, KPPL berharap, para perempuan politik yang memiliki potensi menang, jangan sampai justru diabaikan. Berikan kami, berjuangan bersama kaum pria untuk membanguan daerah.


"Kami, kaum perempuan juga jangan sekedar jadi pelengkap dalam pemilu," imbuh Martalena, wakil KPPL lain.

Sementara Ismet Roni membut baik kunjungan KPPL. Golkar adalah partai yang telah menempatkan kader perempuanya, diposisi utama. Dalam Pileg 2024, sesuai arahan ketua DPD Arinal Djunaidi, kuotanya sudah 42 persen atau melebihi target yang diatur dalam Undang Undang Pemilu.

"Kami, Golkar telah selesai dalam penyusunan caleg. Ada 42 persen adalah perempuan," kata Ismet Roni. (*)

LIPSUS