Cari Berita

Breaking News

Lodewijk: Kroasia Bisa Jadi Pintu Masuk Eskpor CPO Indonesia ke Eropa

INILAMPUNG
Selasa, 29 Agustus 2023


INILAMPUNG.COM, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Lodewijk F Paulus berharap Kroasia dapat menjadi jalan atau pintu masuk ekspor kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) Indonesia ke eropa. 

Hal tersebut disampaikan Lodewijk usai menerima kunjungan kehormatan delegasi Parlemen Kroasia (Sabor) di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/8/2023). 

Ia berharap CPO Indonesia bisa masuk melalui pelabuhan-pelabuhan modern di Kroasia untuk menuju ke kawasan eropa bagian tengah dan timur. 

“Tentunya ini (kunjungan Parlemen Kroasia) sangat bagus ya, apa yang kami harapkan. Mereka memang negara relatif kecil di Eropa tetapi mereka mempunyai pelabuhan laut yang bagus dan ada tiga pelabuhan modern di sana," kata Lodewijk. 

"Nah, apa artinya buat Indonesia? Kita tahu kan masih bermasalah dengan CPO kita untuk masuk ke Uni Eropa,” ujarnya dalam siaran pers yang dikutip dari laman dpr.go.id, Senin, 28 Agustus 2023.

Lodewijk mengungkapkan bahwa tidak ada alasan bagi Uni Eropa melarang ekspor CPO Indonesia. Sebab, negara ini sudah mendapatkan pengakuan dari Uni Eropa sebagai bagian dari clean energy. 

“Nah, peluang itu sangat besar. Tentunya bicara hubungan bilateral harus menguntungkan. Tentunya kami lihat apa sih yang bisa masuk ke sana dan apa juga yang Eropa dari Kroasia bisa masuk ke Indonesia,” ucap Lodewijk. 

Bagi Indonesia, Republik Kroasia merupakan mitra kerja sama yang strategis di kawasan Balkan. Indonesia dan Kroasia telah memulai hubungan diplomatik pada 1992.

Pada September 2023, hubungan diplomatik Indonesia dan Krosia akan genap berusia 31 dan kembali erat melalui kerja sama antar parlemen kedua negara. Lodewijk mengatakan, peningkatan kunjungan dan dialog yang dijalankan antar kedua parlemen menandakan kedua negara ini sepaham dengan isu-isu strategis. 

"Misalnya, di bidang pertahanan, terdapat pembahasan kerja sama, khususnya minat Kroasia dalam menjajaki potensi kolaborasi yang lebih intensif dengan Indonesia," kata Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu. 

Lalu juga isu menghadapi ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina dan mencegah potensi konflik limpahan terhadap Kroasia, serta dampak yang juga dialami oleh Indonesia.  

“Yang jelas, jangankan Kroasia yang lebih dekat dengan Rusia maupun Ukraina. Kita sendiri kan merasa dampaknya, karena apa? Kita banyak mengimpor gandum dari Rusia maupun Ukraina. Satu hal yang membahagiakan kita bahwa kita itu pada sisi yang sama, pendekatan yang sama bagaimana kita peduli kepada perdamaian. Nah, itu juga tentunya mereka siap,” tuturnya. 

Lodewijk menyebutkan bahwa Indonesia juga siap menjadi moderator untuk konflik Rusia-Ukraina agar tidak berkelanjutan, sehingga masalah geopolitik bisa dituntaskan. Pimpinan DPR RI Bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) itu menegaskan permasalahan geopolitik wajib dituntaskan. Sebab, berdampak terhadap semua sektor, termasuk ekonomi. 

“Kita sudah rasakan ya, kemudian harga-harga naik, biaya hidup juga naik semuanya berdampak luar biasa. Dan kita semuanya sudah rasakan. Kita belum tahu bagaimana kalau nanti di Eropa musim dingin seperti apa dampaknya?," kata Lodewijk. 

"Itu juga kita harapkan dengan kita hadir pendekatan melalui parlemen mudah-mudahan konflik antara Rusia dan Ukraina dapat segera kita redam, kita selesaikan,” jelas Lodewijk. 

Sebagai informasi, dalam pertemuan tersebut juga hadir Wakil Ketua Badan Kerja-Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana, Wakil Ketua BKSAP DPR RI Sukamta, Wakil Ketua BKSAP DPR RI Ravinda Airlangga, dan Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Kroasia Ferdiansyah. 

Sementara itu, dari delegasi Parlemen Kroasia dihadiri oleh Wakil Ketua Parlemen Kroasia Davorko Vidovic, Anggota Parlemen dan Grup Persahabatan Kroasia-Indonesia Ivan Celic dan Duta Besar (Dubes) Republik Kroasia untuk RI dan ASEAN Nebojsa Koharovic.(kompas.com)

LIPSUS