Cari Berita

Breaking News

Yenny Wahid Diisukan Cawapres Anies Baswedan

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Kamis, 10 Agustus 2023

 

Anies - Yenny

INILAMPUNGCOM -- Yenny Wahid siap maju sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2024. Putri Presiden RI Abdulrahman Wahid atau Gus Dur itu mengaku memiliki kedekatan dengan Anies Baswedan.


Kedekatan khusus itu berkait dengan sejarah panjang saat keduanya masih berkiprah di dunia pendidikan, di mana saat itu Anies menjadi dosen di Universitas Paramadina, sedangkan Yenny menjadi satu dosen di universitas itu.


Isu soal Yenny siap dicalonkan sebagai pendamping Anies Baswedan, diakui Effendy Choirie alias Gus Choi, ketua DPP Partai Nasdem. 


Gus Choi mengeklaim bahwa banyak pihak yang menginginkan Yenny jadi cawapres Anies. "Kalau Mas Anies memilih Mbak Yenny sebagai cawapresnya, itu harapan dan keinginan banyak pihak," ujarnya.


"Memang Mbak Yenny menyatakan bahwa secara pribadi Mbak Yenny cocok dengan Anies, cocok pikirannya, orientasinya, dan sikapnya," katanya, kepada wartawan, Selasa (8/8).


Menurut dia, duet Anies-Yenny merupakan pasangan yang representatif di pilpres 2024.


"Representasi Islam kota (modern) dan Islam kultural (Nahdliyin), laki-perempuan, muda-mudi. Keduanya terpelajar, keduanya cucu pahlawan nasional, keduanya bisa disebut telah menjadi tokoh nasional dan internasional," bebernya.


Sekjen Partai Nasdem, Hermawi Taslim menyatakan, pihaknya pun menyambut positif kesediaan Yenny Wahid untuk menjadi bakal cawapres. Namun, ia berujar, nama tersebut harus diperbincangkan di internal koalisi terlebih dahulu.


"Bagus kalau ada pihak yang sudah menyatakan bersedia jadi cawapres Anies, itu akan kami catat," ucapnya, saat dikonfirmasi, Rabu (9/8).


Nantinya, dia menambahkan, nama Yenny Wahid bakal dibawa untuk didiskusikan dengan Partai Keadilan Sosial (PKS) dan Partai Demokrat dalam KPP.


"Kami dalami bersama partai-partai koalisi dan Pak Anies, makin banyak yang bersiap seperti itu maka kami akan semakin senang," bebernya.


Sementara pihak Partai Demokrat menolak ide dan usul Yenny Wahid, agar disandingkan dengan Anies Baswedan.


Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon menyebut Yenny Wahid kurang cocok dijadikan calon wapres Anies Baswedan.


"Untuk posisi Wapres di koalisi perubahan, buat saya beliau tidak pas, tidak cocok. Mungkin cocoknya di koalisi yang lain," kata Jansen dilansir dari wartaekonomi (jaringan suara.com.)


Alasannnya, Jansen menilai Yenny bukanlah representasi dari perubahan dari slogan partai Demokrat, Nasdem dan PKS tersebut.

(*)












(dbs/inilampung.com)

LIPSUS