Cari Berita

Breaking News

Bersama Pemuda Muhammadiyah Kalirejo, PT Tatalogam Lestari Gelar Pelatihan Teknik Pemasangan Baja Ringan

INILAMPUNG
Selasa, 05 September 2023

Wahyudi, Ketua Panitia Pelatihan Teknik Pemasangan Rangka Baja Ringan (dok/inilampung)

INILAMPUNG.COM, Lampung Tengah - Sebanyak 60 Pemuda dan Pelajar di tiga kecamatan yakni Kalirejo, Sendang Agung dan Bangun Rejo mengikuti Pelatihan Teknik Pemasangan Atap Baja Ringan. Menariknya, kegiatan yang terselenggara atas kerja sama PT Tatalogam Lestari, Az Zahra Truss serta Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kalirejo itu tidak dipungut biaya sama sekali.

"Alhamdulillah berkat kerjasama dan kepercayaan dari PT Tatalogam Lestari, Az Zahra Truss dan Pemuda Muhammadiyah acara ini dapat terselenggara," kata Wahyudi, Ketua Panitia Pelaksana, Selasa (05/09/2023).

Saat membuka pelatihan, Store Manajer Roofmart Lampung (PT Tatalogam Lestari) Deddi Arifin mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk mendorong Aplikator agar memiliki kompetensi dalam pemasangan baja ringan. Selanjutnya, dengan pengetahuan yang sesuai maka diharapkan mampu menjadi tenaga ahli yang kompeten.
 Store Manajer Roofmart Lampung, Deddi Arifin (dok/inilampung)

“Ini menjadi modal awal. Mudah-mudahan peserta yang mengikuti pelatihan, mendapatkan ilmu perihal pemasangan atap baja ringan yang sesuai standar penggunaanya. Tentu kita juga sampaikan materi K3,” terang Deddi Arifin.

Upaya ini, menjadi salah satu bentuk membantu pemerintah dalam menyiapakan tenaga kerja yang senantiasa menerapkan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3). Data dari Heinrich mencatat, 88% penyebab kecelakaan kerja adalah manusianya sendiri, 10% kondisi tempat kerja.
Peserta Pelatihan Teknik Pemasangan Rangka Baja Ringan (dok/inilampung)

"Untuk menerapkan K3, peserta kami bekali ilmu 5R, yakni Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin," ungkap Lunar, pemateri K3 dari Jago Taso Roofmart Lampung.

Pada kesempatan yang sama Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalirejo menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat dirasakan manfaatnya bagi pemuda dan pelajar.
Praktek Pemasangan Atap Baja Ringan (dok/inilampung)

"Ilmu Pemasangan Atap Baja Ringan ini sangat tepat disampaikan langsung oleh Perusahaan sebagai pemilik produk. Karena banyak masyarakat yang tidak paham teori pemasangan, sehingga banyak terjadi kegagalan struktur atap baja ringan," kata H Sukirman.

Sementara itu Ketua Pemuda Muhammadiyah Kalirejo, M Iqbal Wahid Triyono berharap adanya keberlanjutkan program pelatihan untuk jenjang yang lebih tinggi.

"Terima Kasih kepada Tim Trainer Jago Taso Roofmart Lampung, Semoga kedepan dapat diselenggarakan lagi. Karna ilmu teknik pemasangan atap baja ringan ini dapat menjadi bekal untuk mandiri secara ekonomi," kata M Iqbal.(zal/inilampung)

LIPSUS