Cari Berita

Breaking News

Sidang Senat Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru 2023 Itenas Bandung

INILAMPUNG
Jumat, 08 September 2023

INILAMPUNG.COM, Bandung - Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung melangsungkan Sidang Senat Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023 pada hari Jumat (08/09/2022) di Gedung Serba Guna (GSG) Bale Dayang Sumbi. 

Sebanyak 1281 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa program sarjana (S1) dan mahasiswa program magister (S2) dilantik pada acara ini oleh Rektor Itenas, Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D. Pelantikan tersebut ditandai dengan prosesi penyematan jaket almamater secara simbolis oleh Rektor Itenas pada dua orang perwakilan mahasiswa baru angkatan 2023.

Dalam sambutannya, Rektor Itenas menyatakan bahwa selaras dengan  kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM pada awal 2020 dan yang baru saja diterbitkan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, mahasiswa harus disiapkan menjadi pembelajar sejati yang terampil, lincah dan ulet atau powerful agile learner. 

Kebijakan MBKM ditujukan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Hal tersebut senada dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Bapak Dr. M. Samsuri., S.Pd., M.T, yang mengungkapkan bahwa pendidikan tinggi saat ini memiliki peluang untuk dapat mengambangkan potensi minat dan bakat mahasiswa seluas mungkin. Namun, tentunya, hal tersebut perlu diikuti pula dengan sikap tanggung jawab, kepemimpinan, keberanian, dan kemauan belajar serta berkolaborasi.

Rektor Itenas juga menyampaikan capaian prestasi yang telah diraih oleh Itenas di usianya yang menuju ke-51 tahun, diantaranya yaitu raihan akreditasi unggul di beberapa Prodi, serta pemeringkatan internasional yang telah berhasil diraih oleh Itenas. Tidak hanya itu, beliau juga mengapresiasi Program Studi Teknik Industri, Informatika, ISS atas perolehan Hibah PKKM dengan nilai kontrak mencapai 2,9 Milyar, dan Dosen Tetap Itenas yang juga berhasil meraih hibah Kedai Reka, Inovasi Pembelajaran, Hibah Inovasi Pembelajaran Dan Teknologi Bantu untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus dan Hibah Prototype dengan total nilai mencapai 2 Milyar rupiah. 

Penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa berprestasi, diantaranya•Ridho Putra Muharam dari Prodi Informatika (Medali Perak lomba E-sport Crossfire Ajang Sea Games Kamboja 2023); Salwa Khairunnisa Rajwadhani dari Prodi Desain Komunikasi Visual (Juara 3 Classic Slalom Youth Women ASEAN pada Perlombaan 7th ASEAN Inline Freestyle Championship 2023), Aldika Raihan Hafizhulhaq Asran dari Prodi Teknik Sipil (Juara 1 pada Everest Taekwondo Championship, Piala Menpora RI 2022). 

Ia juga mengapresiasi peraih beasiswa Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2023 program Kampus Merdeka, yang berkesempatan berkuliah selama 6 bulan di Universitas kelas dunia dengan biaya ditanggung penuh oleh Pemerintah Indonesia, yaitu: Raden Muhammad Hikman Azka Antono, mahasiswa Prodi Desain Produk, di Victoria University of Wellington, New Zealand, Sanny Aftaluna Ziemman, mahasiswa prodi Desain Komunikasi Visual, di Vyatautas Magnus University, Lithuania, Ibnu Hasan, mahasiswa prodi Teknik Sipil, di National Taiwan University, Taiwan, dan Rafli Faturrachman, mahasiswa Teknik Industri, di University of Zagreb, Kroasia. Pada Tahun Akademik 2023/2024, Itenas juga kembali menjadi Perguruan Tinggi pilihan bagi 60 mahasiswa dari berbagai PTN dan PTS se-Indonesia dalam rangka Program Pertukaran Mahasiswa Kampus Merdeka yang didanai oleh Dikti.

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)
Pada acara tersebut, sekaligus juga dilakukan pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau PKKMB yang dicanangkan oleh Kemendikbud  Ristek. Kegiatan PKKMB bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Kegiatan PKKMB di Itenas meliputi kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) yang merupakan satu kesatuan dengan mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan dan Pengenalan belajar di Perguruan Tinggi (P2BPT).

Mengawali kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN), hadir Kepala Staf Daerah Militer III/Siliwangi, Brigadir Jenderal TNI Agus Saepul, S.Sos., sebagai pembicara yang menyampaikan topik “Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Muda”, sebagai pembekalan kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara Itenas Tahun 2023. Kegiatan PKBN terdiri dari kuliah umum yang dilaksanakan dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten dibidangnya; dengan materi yang telah disesuaikan dengan standar yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementrian Pertahanan Republik Indonesia.

Setelah mengikuti rangkaian kuliah tamu, PKBN kemudian dilanjutkan dengan kegiatan di lapangan yang akan dilaksanakan di Dodik Bela Negara, Cikole, Lembang. Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari yang akan dibagi dalam 2 gelombang. Sedangkan kegiatan P2BPT akan dilaksanakan di Program Studi masing-masing. Kegiatan ini merupakan program yang diselenggarakan oleh Itenas dalam rangka pembinaan soft skill kepada mahasiswa antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan karirnya serta pentingnya belajar sepanjang hayat.(rls/inilampung)

LIPSUS