Cari Berita

Breaking News

Gandeng Pramuka, Bawaslu Pesisir Barat Bentuk Satuan Karya Adhyasta Pemilu

INILAMPUNG
Jumat, 20 Oktober 2023
Views

Bawaslu dan Kwarcab Pesisir Barat bekerja sama bentuk Saka Adhyasta Pemilu.

INILAMPUNG, Krui -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Pesisir Barat membentuk Satuan Karya Adhyasta Pemilu (Saka Adhyasta Pemilu).


Naskah kerja sama ditandatangani Ketua Bawasu Pesisir Barat Abd Kodrat S dan Ka Kwarcab Pesisir Barat Septi Heri Agusnaeni pada Jumat, 20 Oktober 2023. 


Kodrat menilai Pramuka memiliki peran strategis untuk ikut bertanggungjawab dalam proses demokrasi di Indonesia. Untuk itu, jelang Pileg, Pilpres dan  Pilkada mendatang Bawaslu mengandeng Pramuka untuk ikut mengawal proses pemilihan umum dan pilkada.


‘’Pramuka harus mengetahui apa itu pemilu, dan bagaimana pemilu itu dilaksanakan terutama bagi anggota Pramuka di tingkat penegak. Pramuka sangat berguna bagi Bawaslu kedepan selain itu kami menginginkan kaderisasi serta estafet bangsa ini dimulai dari teman-teman Pramuka yang mengerti apa itu pemilu dan bagaimana pemilu itu dilaksanakan,’’ujar Kodrat


Kodrat menambahkan Pramuka bertanggung jawab terhadap proses demokrasi di Indonesia, sehingga Bawaslu RI secara sadar serta intens mengajak Pramuka mengawasi pemilihan umum di Indonesia melalui sosialisasi pengawasan partisipatif salah satunya dengan hadirnya Satuan Karya Pramuka Adhyasta Pemilu di Kabupaten Pesisir Barat.


"Pramuka adalah usia pemilih pemula untuk aktif, kritis dan mengetahui tentang proses pemilu. Tahapan pemilu 2024 mendatang membutuhkan perhatian serta pengawasan dari semua pihak yang salah yang salah satunya dari segenap anggota Pramuka," jelasnya


Sementara itu Ka Kwarcab Pesisir Barat Septi Heri Agusnaeni mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas penandatanganan nota kerjasama dengan bawaslu untuk  pembentukan sekaligus pelantikan Saka Adhyasta pemilu. Dengan adanya program Saka Adhyasta Pemilu diharapkan menjadi akses bagi pramuka agar dapat belajar proses demokrasi yang baik.


‘’Semangat serta kedisiplinan dalam Gerakan Pramuka bisa menjadi bagian yang baik dalam partisipasi pengawasan pemilu dan kami berharap ini tidak hanya kegiatan seremonial saja tetapi kegiatan Saka Adhyasta Pemilu dapat dilaksanakan berkesinambungan,” tuturnya


Penadatanganan MOU ini juga dihadiri oleh anggota Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat J Wilyan Gulta dan Ayu Mega Sari, ketua harian, sekretaris Kwarcab, Waka 1 Bidang Binamuda, Wakil Ketua 2 bidang orgakum, serta para mabi Saka Bakti Husada dan mabi Saka wirakartika. (eva)

LIPSUS