Cari Berita

Breaking News

Lazismu Lampung Mengumpulkan Rp105 juta, Ini Alur Bantuan Donasi Palestina

INILAMPUNG
Rabu, 18 Oktober 2023

Kantor Wilayah Lazismu Wilayah Lampung (lazismulampung.org)

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Konflik Palestina dengan Israel kembali meletus. Kecaman dan keprihatinan pun datang dari berbagai pihak. Salah satunya Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Lampung membuka donasi kemanusiaan. 

Sekretaris Muhammadiyah Lampung, Ma'ruf Abidin mengatakan instruksi itu berupa donasi perhimpunan dana bantuan bencana kemanusiaan untuk rakyat Palestina.

"Seperti kita ketahui agresi Israel terhadap Palestina berdampak atau menimbulkan bencana kemanusiaan. Muhammadiyah terpanggil membuka donasi kemanusiaan untuk rakyat Palestina," kata Ma'ruf Abidin, Jumat (13/10).

Pihaknya menjelaskan bahwa bantuan yang dihimpun oleh Muhammadiyah di pastikan tepat sasaran dan langsung dikirimkan ke Palestina melalui Muhammadiyah Pusat.

"Semua donasi yang dikumpulkan akan dikumpulkan ke pusat untuk memastikan bantuan langsung dikirimkan ke Palestina, donasi berupa uang atau barang nanti pusat yang ngatur sesuai apa kebutuhan disana (Palestina)," kata Ma'ruf.

Terkait alur penyaluran bantuan tersebut, Ketua Kantor Wilayah Lazismu Wilayah Lampung, Seraden Nihan menjelaskan bahwa penyaluran bantuan Palestina akan dilakukan oleh Muhammadiyah Aid. Lembaga adhok yang dibentuk oleh PP Muhammadiyah yang berfungsi uuntuk menyalurkan bantuan kemanusiaan luar negeri. 

"Bauk itu karena bencana alam, konflik sosial, maupun peperangan. Muhammadiyah juga akan menurunkan tim EMT (Emergency Medical Treatment), sebuah branding medical treatment skala internasional kebanggaan Muhammadiyah yang mendapat ijin dari WHO untuk dapat turun membantu setiap bencana yang terjadi di dunia," jelasnya.

Perlu diketahui bahwa tidak semua negara dapat turun membantu bencana kemanusiaan di dunia. Muhammadiyah sudah mengantungi ijin tersebut.

Terakhir, Seraden pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut membantu rakyat Palestina dengan menyalurkan bantuan melalui Lazismu Lampung. 

"Update per Rabu, 18 Oktober 2023 sudah terkumpul Rp.105.615.000, Semoga apa yang telah kita perbuat menjadi Ladang Amal Ibadah," tutupnya.(zal/inilampung)

LIPSUS