Cari Berita

Breaking News

Deklarasi Kampanye Damai 2024 di Kabupaten Lampung Timur: Bersama Satukan Komitmen untuk Pemilihan yang Bersih dan Kondusif

Selasa, 21 November 2023
Views


INILAMPUNG.COM, Lampung Timur - Suasana penuh semangat menghiasi Kabupaten Lampung Timur, seiring dengan diselenggarakannya acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024.

Selain Forkopimda, deklarasi damai ini juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Ketua KPU Lamtim, Sekda, asisten, para kepala OPD, Camat, Apdesi, perwakilan dari partai politik, calon legislatif, panwas kecamatan dan stakeholder terkait tersebut berlangsung di Halaman Pemkab setempat, Selasa (21/11/2023).

Ketua Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar menekankan pentingnya menjauhi praktik politik uang. "Politik uang merusak esensi demokrasi dan merugikan masyarakat. Kami mengajak semua pihak, terutama calon legislatif dan partai politik, untuk menghindari politik uang demi menciptakan Pemilu yang bersih dan adil," ujarnya

Iskardo juga menyampaikan komitmen Bawaslu dalam mengawasi dan menindak tegas pelanggaran yang terkait dengan politik uang.

"Bawaslu siap menjaga integritas Pemilu. Kami akan bekerja keras untuk menegakkan aturan dan memberikan sanksi kepada pelaku politik uang," katanya.

Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo menegaskan pentingnya kerukunan dan kedamaian dalam menjalani proses demokrasi.

"Pemilu adalah momentum untuk mengekspresikan hak suara kita. Mari kita jaga kedamaian, hormati perbedaan, dan wujudkan Pemilu yang berkualitas demi pembangunan demokrasi yang sehat dan berkeadilan," ungkapnya.

Bupati M. Dawam Rahardjo berharap momen ini dapat menjadi titik awal bagi Kabupaten Lampung Timur menuju Pemilu yang berkualitas dan damai.

"Dengan semangat persatuan dan komitmen bersama, saya meyakini bahwa Kabupaten Lampung Timur akan memberikan contoh positif dalam pelaksanaan Pemilu 2024," kata Dawam

Kapolres Lampung Timur AKBP M Rizal Muchtar menegaskan peran penting kepolisian dalam menjaga ketertiban selama proses Pemilu.

Kapolres melanjutkan, Kepolisian siap memberikan pengamanan maksimal untuk memastikan setiap warga dapat berpartisipasi dalam Pemilu dengan aman dan tenang.

"Kami mengajak masyarakat untuk bekerja sama dengan kepolisian. Laporkan setiap potensi kerusuhan atau pelanggaran hukum terkait Pemilu agar dapat segera ditindaklanjuti," katanya.

Ketua Bawaslu Lamtim Lailatul Khoiriyah menekankan pentingnya menjaga ketenangan dan kedamaian dalam setiap tahapan Pemilu.

"Pemilu adalah pesta demokrasi yang harus dijalani dengan penuh kedamaian. Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif serta menjauhi segala bentuk konflik dan provokasi," ujar Lely -sapaan akrabnya-

Lely juga menegaskan komitmen Bawaslu dalam menjalankan tugas pengawasan dengan transparan dan independen.

"Bawaslu siap bekerja sama dengan semua pihak untuk memastikan integritas Pemilu. Mari bersama-sama kita ciptakan proses demokrasi yang sejuk dan bermartabat," katanya.

Acara deklarasi damai ini juga diwarnai penandatanganan komitmen bersama oleh Forkopimda, Camat dan Stakehokder terkait untuk menjaga perdamaian selama proses Pemilu.

Laporan / Editor : Fahri

LIPSUS