Cari Berita

Breaking News

Pesisir Barat Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

INILAMPUNG
Kamis, 23 November 2023

 Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal dan Ketua TP PKK Septi Istiqlal bersama anak-anak SDN 72 Padanghaluan pada peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabut Sedunia.

INILAMPUNG.COM, Pesisir Barat -- Pemkab Pesisir Barat memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia yang ke-16 di SD Negeri 72 Padanghaluan Kecamatan Krui Selatan, Kamis 23 November 2023.


Hadi pada peringatan itu, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, bersama Ketua TP PKK Septi Istiqlal, Wakil Bupati Pesisir Barat, Plt. Sekda, para pejabat setempat, serta para guru. 


Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Barat Tedy Zadmiko, yang diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan, Irhamuddin mengatakan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia tahun ini mengusung tema:  Tangan Bersih Berada dalam Jakauan. 


Kegiatan ini bertujuan menurunkan angka kematian untuk anak-anak. Dalam studi WHO tahun 2020, kasus diare menurun menjadi 32 persen, dengan meningkatkan akses masyarakat terhadap sanitasi dasar. Yaitu, 45 persen dengan perilaku cuci tangan pakai sabun dan 39 persen prilaku pengelolaan air minum dirumah tangga.


Dalam sambutannya Bupati Pesisir Barat, menyampaikan peringatan ini merupakan komitmen meningkatkan kesehatan masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan yang lebih baik. Seiring hal tersebut, Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa pada 2008 menyerukan perlunya peningkatan praktek higiene dan sanitasi diseluruh dunia. 


Sejak saat itulah muncul pula kesadaran untuk mengkampanyekan perlunya cuci tangan pakai sabun, yang ditindaklanjuti dengan penetapan tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia.


Selanjutnya, kegiatan cuci tangan pakai sabun ini, merupakan program tahunan tim penggerak PKK Kabupaten Pesisir Barat bekerjasama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Pesisir Barat yang diharapkan tidak hanya sebatas seremoni belaka, namun juga akan dapat dijadikan budaya atau gaya hidup sehat semua, jelas Agus.


Melalui momentum peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia ini, marilah bersama-sama kita mengajak teman-teman, keluarga dan masyarakat di sekitar kita, untuk ikut membiasakan cuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir dalam kehidupan sehari-hari. (Eva)

LIPSUS