Cari Berita

Breaking News

Presiden RI Setujui KH Ahmad Hanafiah Diberi Gelar Pahlawan Nasional

Selasa, 07 November 2023

KH Ahmad Hanafiah.

INILAMPUNG.COM, Lampung Timur - Presiden Republik Indonesia telah menyetujui pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada sejumlah tokoh dari berbagai daerah.Penganugerahan gelar tersebut dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan  pada Jumat, 10 November 2023 mendatang, di Istana Negara, Jakarta.

Salah satu tokoh yang akan menerima gelar Pahlawan Nasional adalah KH. Ahmad Hanafiah. Seorang pejuang dari Sukadana, Lampung Timur.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Sosial mengundang para ahli waris penerima, termasuk keluarga KH. Ahmad Hanafiah, untuk hadir di Jakarta paling lambat tanggal 8 November 2023. Kehadiran mereka diharapkan akan menambah kekhidmatan acara penghargaan tersebut.

Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo mengaku bangga dan memberikan apresiasi atas penyetujuan Presiden Republik Indonesia terhadap KH. Ahmad Hanafiah sebagai Calon Pahlawan Nasional yang akan dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional.

"Setelah proses yang panjang akhirnya disetujui. Kami sangat bersyukur atas keputusan Presiden yang mengakui dedikasi dan jasa besar yang telah diberikan oleh KH. Ahmad Hanafiah atas kontribusinya dalam mengusir penjajah di Indonesia," ujar Dawam. Selasa (7/11/2023).

Dawam melanjutkan, KH. Ahmad Hanafiah adalah sosok yang telah berkontribusi dengan luar biasa dalam bidang keagamaan, sosial, dan pendidikan. Penetapan beliau sebagai Calon Pahlawan Nasional adalah sebuah penghormatan yang sangat layak.

"Pemerintah Daerah komitmen memperjuangkan KH. Ahmad Hanafiah untuk menjadi pahlawan nasional karena beliau putra terbaik Lampung Timur," lanjut Dawam

Dawam juga berterima kasih kepada Pemprov Lampung, IAIN Radem Intan Lampung, tokoh agama, masyarakat dan adat Lampung Timur, semua pihak atas doa dan dukunganya sehingga diakhir masa jabatan periode pertama bisa memberikan kado terbaik untuk masyarakat dengan gelar pahlawan nasional.

"Diakhir masa jabatan saya periode pertama kita mendapat kado terindah yaitu gelar pahlawan nasional dan ini merupakan kebanggan untuk kita semua," ucap Dawam.


Bupati Dawam menambahkan bahwa penghargaan ini akan menjadi inspirasi bagi masyarakat Sukadana dan generasi muda untuk mengikuti jejak perjalanan KH. Ahmad Hanafiah dalam membangun bangsa.

"Semangat dan semakin besarnya peran beliau dalam sejarah Indonesia harus dijadikan sebagai contoh yang patut diikuti oleh generasi penerus," tambahnya.

Diketahui upacara penghargaan yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 November 2023 di Istana Negara akan menjadi momen bersejarah yang akan selalu diingat oleh masyarakat Sukadana dan Lampung Timur umumnya.

Diketahui, KH. Ahmad Hanafiah adalah salah satu dari banyak tokoh yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi bangsa, dan pengakuan sebagai Calon Pahlawan Nasional adalah penghormatan yang pantas untuk sosok yang telah berjuang dengan sepenuh hati dalam membela nilai-nilai dan kebaikan. (*)

Laporan/Editor: Arif Fahrudin.

LIPSUS