Cari Berita

Breaking News

PWI Provinsi Lampung Menjadi Organisasi Pers Terbesar dengan 1.001 Anggota

Kamis, 30 November 2023
Views


INILAMPUNG.COM, Bandar Lampung - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung menjadi organisasi pers terbesar di daerah tersebut dengan 1.001 anggota.

Keberhasilan ini diumumkan oleh Ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah, dalam acara diklat jurnalistik II orientasi kewartawanan dan keorganisasian di Balai Wartawan H Sofiyan Akhmad, Bandar Lampung, Kamis (30/11/2023).

Wirahadikusumah menyatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memfilterisasi dan memberikan orientasi kepada wartawan yang ingin menjadi anggota PWI.

"Bukan mengklaim, kami PWI sebagai organisasi pers terbesar di Provinsi Lampung dan tertua di Indonesia yang berdiri sejak 9 Februari 1946," ujar Wira -sapaan akrabnya-

Wira melanjutkan, Anggota PWI Provinsi Lampung berjumlah 1.001 anggota, terdiri dari 626 anggota biasa, 250 anggota muda, dan 125 calon anggota yang tersebar di seluruh provinsi.

Wira juga menekankan pentingnya wartawan berkualitas yang tidak mengadu domba dan tidak menyebarkan hoaks.

Wira mengatakan bahwa PWI Provinsi Lampung akan melakukan penandatanganan MoU dengan BNNP dan DPP Granat Lampung, menjadi yang pertama di Indonesia.

"MoU ini bertujuan untuk melibatkan wartawan dalam mencegah penyalahgunaan narkoba dan mendukung program P4GN," kata Wira.

Wirahadikusumah menambahkan, PWI selalu terbuka terhadap kritik dan masukan dari luar termasuk Pemerintah Provinsi Lampung.

"Tentunya kedepan kami selalu berharap untuk terus diperhatikan, saran, masukan dan kritikan, ketika kami sudah menyimpang dari apa yang sudah digariskan Undang-Undang Pers dan kode etik jurnalistik," pinta Wira

Sementara itu Kabid Pemberantasan dan Intelijen BNN Lampung, Kombes Pol Hendri Yulius Parlokomoan, mengingatkan tentang kerugian besar yang disebabkan oleh penyalahgunaan narkoba terhadap individu dan bangsa.

Program P4GN memerlukan peran serta semua pihak termasuk wartawan, maka kami BNN Provinsi Lampung mengajak PWI Lampung untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia yang bersih dari narkoba.

"Berdasarkan hasil survei penyalahgunaan narkoba di 34 provinsi pada tahun 2021 angka prevalensi narkoba di Indonesia sekitar 3,6 juta orang. Mari kita bersama-sama menyelamatkan keluarga masyarakat dari kejahatan narkoba," tandas Hendri Yulius Parlokomoan.

Dewan Pembina DPP Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat), Komjen Pol Purnawirawan Heru Winarko, mengapresiasi penandatanganan MoU dan meminta semua pihak terlibat untuk mensukseskan P4GN.

"Saya terima kasih sekali PWI sangat berperan untuk mensosialisasikan P4GN. Granat sebagai ormas memberdayakan masyarakat, BNNP selaku mempersiapkan regulasinya, PWI mewakili semuanya melakukan sosialisasi langkah-langkah supaya tahu masyarakat bahaya narkoba," singkat Heru Winarko.

Kesempatan yang sama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menyoroti sinergi positif antara pemerintah dan insan pers dalam menangkal berita hoaks.

Arinal juga mengajak wartawan untuk bekerja secara profesional, kompeten, dan menjaga netralitas terutama selama Pemilu.

Arinal mengapresiasi kegiatan diklat jurnalistik II PWI Lampung dan berharap informasi yang disampaikan melalui media tetap obyektif dan netral sesuai dengan kode etik.

"Terima kasih atas dukungan dari insan media selama menjalankan tugas sebagai Gubernur Lampung dapat berjalan dengan baik," kata Arinal

Laporan / Editor : Fahri

LIPSUS